Panglima TNI dan Kapolri Minta Prajurit TNI-Polri Terus Sinergi Jaga Teritorial Indonesia
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 27-07-2019 | 12:52 WIB
duo-jenderal-4.jpg
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat kunjungan di Pulau Nipah, Sabtu (27/7/2019). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Tito Karnavian minta seluruh prajurit terus bersinergi menjaga teritorial Indonesia.

Hal ini diungkapkan saat Panglima TNI dan Kapolri berkunjung ke Pulau Nipa, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (27/7/2019). "Kebersamaan adalah poros penting TNI-Polri agar selalu bersinergitas dalam menjaga perbatasan Indonesia," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Ia menjelaskan, hal ini dinilai penting karena teritorial Indonesia bagian Barat ini berbatasan langsung dengan Singapura dan juga Malaysia.

Selain itu, Tito menjelaskan, Pulau Nipa adalah salah satu pulau yang hampir tenggelam karena maraknya aktivitas pertambang pasir di Kepri yang nantinya akan dikirimkan ke Singapura.

"Apabila Pulau Nipa hilang, wilayah teritorial Indonesia juga akan berkurang. Ini adalah hal yang penting," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dirinya menyatakan tidak rela apabila teritorial Indonesia berkurang. "Ini saya minta kepada TNI-Polri untuk terus bertugas dengan baik dan terus menjaga eksistensi pulau-pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain. Selamat bertugas untuk rekan-rekan yang selalu menjaga perbatasan Indonesia dengan baik," tegas Hadi.

Dalam kunjungan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Tito Karnavian ini, mereka merencanakan akan melakukan penambahan radar untuk mendeteksi kapal-kapal asing yang lewat di Perairan Indonesia.

Editor: Gokli