Wisata Mice Mulai Dilirik, Wisman Negara Asean Bakal Gelar Pertemuan di Batam
Oleh : Irwan Irzal
Sabtu | 20-07-2019 | 09:40 WIB
ilustrasi-wisman1.jpg
Ilustrasi wisata mancanegara. (Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wisata Meeting, Incentive, Convention, Echibition (Mice) Kota Batam, mulai kembali bergairah dan dilirik pasar regional. Dalam waktu dekat, pertemuan antara negara Asean, Taiwan, China akan digelar di Batam.

“Pertemuan ini dijadwalkan pada September mendatang. Ada sekitar 100 orang yang akan datang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, di Batam Centre, Jumat (19/7/2019).

Menurut Ardi, pertemuan ini menjadi angin segar bagi wisata Mice di Batam. Selama ini wisatawan yang datang ke Batam untuk melakukan pertemuan, rapat, atau pameran umumnya berasal dari dalam negeri.

Seperti rapat koordinasi Persatuan Guru Republik Indonesia yang digelar di awal tahun. Atau rapat koordinasi transaksi non tunai yang diikuti pemerintah daerah seluruh Indonesia kemarin.

“Batam masuk satu dari 10 kota Mice di Indonesia. Batam yang sejatinya kota Mice itu. Kita punya ballroom dengan kapasitas sampai seribu orang. Jumlah kamar hotel kita juga banyak, dengan berbagai pilihan kelas,” paparnya.

Aksesibilitas Batam juga sangat mudah. Dari daerah lain di dalam negeri, Batam bisa dicapai dengan jalur udara. Layanan penerbangan dari dan ke Kota Batam sudah mencakup berbagai wilayah nusantara.

Sedangkan akses laut tersedia baik untuk dalam negeri maupun internasional. Di Batam terdapat tujuh pelabuhan laut internasional. Melalui pelabuhan inilah hampir 2 juta wisatawan mancanegara masuk ke Batam.

“Kami berharap setelah ini semakin banyak lagi pertemuan internasional diadakan di Batam. Karena kita juga memiliki banyak fasilitas penunjang yang bisa dinikmati di luar agenda rapat. Ada lapangan golf berstandar internasional di tengah kota maupun tepi pantai, ada salon spa, dan insentif-insentif lainnya,” pungkas Ardi.

Editor: Chandra