Banyak Drainase Bermasalah

Camat Sagulung Lakukan Perbaikan Drainase Induk
Oleh : Hendra
Jum\'at | 05-07-2019 | 14:04 WIB
drainase_sagulung.jpg
Camat Sagulung melakukan normalisasi di sejumlah drainase induk dan kawasan lingkungan yang bermasalah ketika ada aliran air saat hujan (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wilayah Kecamatan Sagulung kerap berhadapan dengan pemasalahan banjir, dikarenakan sistem drainase yang masih banyak yang bermasalah. Bahkan beberapa diperparah dengan kerusakan serta penutupan sampah plastik. Hal lainnya, ada yang sengaja ditutup atau dipersempit oleh aktifitas suatu proyek.

Melihat hal ini, pihak Kecamatan Sagulung mulai berbenah dengan malakukan normalisasi di sejumlah drainase induk dan kawasan lingkungan yang bermasalah ketika saat hujan.

Camat Sagulung, Reza Khadafi menuturkan, pengerjaan normalisasi drainase masih akan terus dilanjutan, bahka akan sampai ke beberapa drainase induk juga di perumahan yang mengalir dari drainase Kecamatan Batuaji. Ia katakan, hal ini juga sesuai dengan usulan dari Musrembang, yang menjadi prioritas Dinas Binamarga dan Sumberdaya Air.

"Normalisasi drainase induk akan terus berlanjut, juga jebeberapa drainase yang ada di sekitar perumahan. Untuk dalam lingkungan warga/perumahan itu dari dana Percepat Infrastruktur Kelurahan (PIK). Di kawasan ini ada puluhan titik juga," ujarnya, Kamis, (4/7/2019) kemarin.

Tambahnya, sejauh ini normalisasi drainase di Kecamatan Sagulung sudah mulai cukup maksimal untuk mengatasi persoalan banjir. Meski ada beberapa kendala, yakni sampah plastik di drainase perumahan antar kelurahan. Akan tetapi pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air terus berupaya mengatasi persoalan tersebut.

"Sejauh ini yang kita kerjakan cukup banyak, dan Alhamdulillah persoalan banjir ini semoga akan berkurang. Kalau pengerjaan tak rampung, maka tentu sudah kami pertanyakan ke pihak pengerjaan," pungkasnya.

Editor: Surya