Peduli Lingkungan, ATB dan BP Batam Gelar Festival Hijau Juli 2019
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 14-06-2019 | 18:40 WIB
atb-bp-hijau1.jpg
ATB berkomitmen untuk menjaga hutan di daerah tangkapan air melalui penanaman bibit pohon dalam rangkaian kegiatan ATB-BP Batam Festival Hijau 2018 lalu. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) akan kembali menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk ATB-BP Batam Festival Hijau. Rangkaian kegiatan yang akan berlangsung pada 27 hingga 28 Juli ini merupakan bagian dari komitmen ATB untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus mengatakan, tahun ini ATB akan menanam bibit pohon di 2 lokasi hutan yang berbeda, yakni hutan dam Sei Harapan dan hutan dam Duriangkang. Kedua hutan tersebut mengalami kerusakan paling mengkhawatirkan diantara hutan di dam lainnya.

Festival Hijau merupakan bagian dari program konservasi sumber daya air yang dilaksanakan ATB. Bagian dari usaha untuk memelihara keberadaan, sifat dan fungsi, serta keberlanjutan sumber daya air supaya senantiasa tersedia dalam kualitas dan kuantitas yang memadai.

Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011 silam. Hingga tahun lalu, ATB telah menanam sedikitnya 10.700 bibit pohon di area-area tangkapan air yang ada di Batam.

"Hutan menjadi sangat penting untuk diselamatkan demi keberlangsungan air di Batam," ujar Maria.

Tahun ini ATB menyediakan 1000 bibit pohon untuk dibagi di dua lokasi tersebut. Tidak hanya menanam, ATB juga menggandeng sejumlah komunitas lingkungan hidup seperti Komunitas Budaya Mangrove, Mapala Universitas hingga organisasi pencinta alam pelajar untuk merawat bibit pohon hingga tumbuh dengan baik.

"Kami berterimakasih kepada komunitas yang membantu dalam kegiatan ini. Mereka membantu kita untuk memastikan pohon yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik sehingga bermanfaat," jelasnya.

Selain itu, bibit pohon yang dipilih adalah yang mampu menjaga ekosistem dan lingkungan. Seperti pohon Trembesi yang dikenal menyerap banyak karbondioksida dan mengeluarkan lebih banyak oksigen. Pohon ini juga memiliki daya serap air yang besar.

Juga bibit pohon Jambu Mede yang biasanya menjadi konsumsi hewan liar yang ada di hutan. Keberadaan pohon ini dianggap mampu menjaga kelestarian satwa yang mendukung ekosistem alami hutan. Selain itu masih ada bibit pohon Pulai, Merbau dan Mahoni.

Selain penanaman pohon, Festival Hijau juga akan dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Salah satunya adalah sepeda santai. Masyarakat yang ingin ikut serta dalam bersepeda, akan dikenakan biaya pendaftaran Rp 75.000,-. Kemudian, para peserta akan mendapatkan T-shirt, souvenir, snack, mineral water dan bibit pohon.

Doorprize dengan total hadiah puluhan juta rupiah juga akan memeriahkan semarak Festival Hijau tahun ini. Peserta akan berkesempatan membawa pulang sejumlah hadiah menarik. Diantaranya TV LED 32 Inch, mesin cuci, kulkas, sepeda, home theater dan hadiah hiburan lainnya.

Kegiatan lain yang juga akan menjadi bagian dari rangkaian Festival Hijau diantaranya lomba mewarnai, kreasi jingle untuk tingkat SMA/ SMK, bazar, edukasi hemat air, singer performance, games, dance tingkat SMA/ SMK dan kegiatan menarik lainnya.

Informasi lebih lanjut mengenai event ATB BP Batam Festival Hijau dapat diperoleh melalui laman Facebook : ATB BP Batam Festival Hijau, website ATB (www.atbbatam.com) dan nomor hp 0812 7735 7355/0812 7042 973.

Editor: Yudha