Fungsi Lain Pospam Lebaran di Nagoya, Tempat Wisatawan Bertanya Arah dan Tujuan
Oleh : Hendra
Rabu | 05-06-2019 | 09:28 WIB
pospam-nohil-19.jpg
Pospam lebaran 2019 di seputaran pintu masuk Nagoya Hill Mall, Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pos pengamanan (Pospam) lebaran 2019 Polresta Barelang, berdiri indah dan menarik perhatian orang-orang yang berlalu-lalang di seputaran pintu masuk Nagoya Hill.

Sejak awal Pospam ini didirikan tanggal 28 Mei kemarin, pos ini memang ditujukan untuk pengamanan objek vital seperti toko, mall dan pusat keramaian dan membantu kelancaran arus lalu lintas di sekitaran area Nagoya Hill.

"Namun dari awal kita di sini, yang paling banyak masyarakat yang bertanya tentang tujuan dan arah mau ke tempat tertentu. Kebanyakan dari mereka wisatawan lokal dan ada juga mancanegara," ujar Ipda Yutinus Halawa, Kapospam Nagoya Hill saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM di lokasi Pospam Nagoya Hill, Rabu (5/6/2019).

Sementara itu, di lokasi Pospam tidak hanya pihak kepolisian, terlihat juga ada Tim Kesehatan yang langsung diturunkan oleh Dinkes dengan sistim jaga dari pukul 14.30 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Mereka dilengkapi dengan satu unit bus kesehatan dari Puskesmas.

"Tim Kesehatan juga ada dari Dinas Kesehatan (Dinkes), mereka selain untuk cek kesehatan anggota kepolisian yang berjaga, juga standby untuk Pertolongan Pertama Pada (Korban) Kecelakaan (P3K) atau masyarakat yang saat itu di sekitar lokasi mengalami kendala kesehatan ringgan," terang Yustinus.

Yustinus melanjutkan, untuk Pospam ini ada dua di Kota Batam, satu di Nagoya Hill, satu lagi Batam Centre, dekat Engku Putri atau Mega Mall.

"Di pos ini kita ada fasilitas juga, yakni CCTv, Wifi, dan juga ditempatkan satu unit kendaraan APC," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Yunita Stevani saat dikonfirmasi memberi imbauan kepada masyarakat yang hendak malaksanakan lebaran, untuk selalu waspada bila berkunjung ke pusat keramaian.

"Situasi sejauh kondusif aman dan terkendali, namun tetap selalu hati-hati saat libur lebaran, hati-hati akan copet dan jambret. Utamakan keselamatan saat berkendaraan menuju tempat yang hendak dikunjungi," imbaunya.

Editor: Gokli