Pascapemilu 2019, Harga Cabai di Batam Makin Pedas
Oleh : Putra Gema
Selasa | 23-04-2019 | 09:40 WIB
cabai-pedas1.jpg
Salah satu pembeli di Pasar Botania terlihat murung mengetahui harga cabai yang semakin pedas, Selasa (23/4/2019). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Batam, mengalami kenaikan cukup signifikan sejak satu minggu terakhir.

Cabe rawit yang biasanya hanya dijual dengan harga Rp 35 ribu/Kg, saat ini dibandrol dengan harga Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu.

Kondisi kenaikan ini, mempengaruhi daya jual pedagang di pasar, demikian juga dengan pasokan untuk para pedagang yang mengalami pengurangan. Saat ini, para pedagang hanya mendapat 5 Kg cabai/harinya. Padahal, sebelumnya mereka bisa mengambil hingga 10 Kg.

"Mahal sekarang, stok juga terbatas," kata Darmin, salah satu pedagang di Pasar Botania 1, Batam Centre, Selasa (23/4/2019).

Darmin mengatakan, kenaikan ini tidak hanya dirasakan untuk cabai rawit saja, cabai merah juga mengalami kenaikkan. Jika sebelumnya dijual seharga Rp 30 ribu, saat ini harga cabe merah naik menjadi Rp 48 ribu.

Hal serupa juga terjadi pada cabai setan yang juga naik menjadi Rp 80 ribu/Kg. Padahal sebelumnya, harganya hanya berkisar di angka Rp 50 ribu saja.

Kondisi ini cukup dikeluhkan oleh masyarakat, meski harga bahan pokok ini tinggi, masyarakat tetap membeli. Hanya saja, mereka membeli dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding biasanya.

"Karena kebutuhan tetap dibeli juga, tetapi sekarang belinya jadi sedikit-sedikit," ujarnya.

Terkait dengan stok barang khususnya cabai yang mengalami penurunan, Darmin mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Akan tetapi, informasi yang dia dengar, kondisi ini disebabkan oleh rute penerbangan yang banyak mengalami pembatalan, sehingga stok pangan untuk Batam yang memang kebanyakan disuplai dari luar daerah menjadi berkurang.

Sementara untuk komoditas sayuran sendiri, tidak mengalami kenaikan. Darmin menjelaskan, kondisi harga sayuran masih berada di angka normal. Seperti sayur bayam yang dijual seharga Rp 12 ribu/Kg, kentang seharga Rp 10 ribu, dan wortel dihargai Rp 16 ribu.

Editor: Gokli