Kapolsek Sebut Kericuhan Pleno Rekapitulasi PPK Batam Kota Hanya Miss Komunikasi
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 20-04-2019 | 15:28 WIB
ricky-btm-kota1.jpg
Kapolsek Batam Kota AKP Ricky Firmansyah saat pengamanan pleno rekapitulasi PPK Batam Kota. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaksanaan pleno rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batam Kota kembali berlangsung aman dan kondusif usai terjadi sedikit kericuhan.

Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah di Gor Bandara, Botania. Ia mengatakan, pelaksanaan pengamanan sejak Jumat (19/4/2019) malam kemarin berlangsung aman dan kondusif. Hanya saja pada Pukul 10.29 WIB terjadi sedikit miss komunikasi.

"Bukan kericuhan, tetapi hanya miss komunikasi dari beberapa saksi salah satu partai yang memiliki mandat untuk mengawasi jalannya pleno rekapitulasi," kata AKP Ricky di Gor Bandara, Sabtu (20/4/2019).

Ricky mengatakan, pihaknya pun meminta para saksi dari setiap partai yang menerima mandat hanya menetapkan 2 orang saksi untuk bisa mengikuti pleno.

"Tapi tadi semua sudah selesai, dan sampai sekarang pelaksanaan pleno rekapitulasi tingkat PPK Batam Kota berjalan aman dan kondusif," ujarnya.

Pengamanan Pleno Rekapitulasi tingkat PPK Batam Kota ini pun lanjut Riki, pihaknya mengerahkan 20 personil gabungan dari Polda Kepri dan Polresta Barelang.

Diwaktu yang bersamaan, Ketua KPU Kota Batam Syahrul Huda menjelaskan, berdasarkan peraturan yang ada, satu parpol hanya diperbolehkan memberikan mandat kepada dua orang saksi.

"Perihal permasalahan mandat tersebut, sebenarnya sudah kami sosialisasikan kepada seluruh partai, tapi tetap menjadi keputusan parpol untuk menindak dan memberikan komentar soal itu," ujarnya.

Namun, sesuai peraturan yang telah ditetapkan, setiap perwakilan partai hanya diizinkan dua orang untuk mengikuti Pleno.

"Dua orang itu pun harus bergantian, tidak bisa masuk secara bersamaan," tutupnya.

Sampai dengan berita ini diterbitkan, Pleno Rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batam Kota masih berlangsung.

Editor: Yudha