Tanjungriau Dilanda Puting Beliung, 9 Unit Bangunan Rusak
Oleh : Hendra
Jumat | 19-04-2019 | 18:41 WIB
puting-bikin-kacau.jpg
Salah satu bagunan yang terkana dampak angin puting beliung di Tanjungriau, Sekupang, Jumat (19/4/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Angin kencang beserta hujan deras, perlahan menciptakan puting beliung dan menghatam 1 unit gedung (sanggar) serbaguna dan 8 rumah warga di perbatasan Kampung Bukit (RW05) dan Kampung Ponjen (RW06), Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, Jumat (19/04/2019).

Seorang saksi mata dari mengatakan, kejadian ini terjadi sekira pukul 15.30 WIB. Banyak warga tak menyangka hal ini berujung pada keganasan angin puting beliung yang menghancurkan rumah mereka.

Pasalnya, selama ini bagi mereka, hujan deras dan angin kencang itu adalah hal yang biasa, dan kejadian ini merupakan yang pertama kali terjadi di dua wilayah perbatasan kampung tersebut. "Tadi kejadian sekitaran pukul 15.30 WIB, pas sebelum adzan, memang angin rada kencang dan mau hujan. Ya seperti biasalah. Makanya tak nyangka," ujar Marna (39), warga yang rumahnya turun kena bencana.

"Ini juga yang pertama kalinya," lanjut Mansyur, orangtua dari Marna.

Pantauan BATAMTODAY.COM, di lokasi kejadian, terdapat satu unit gedung serbaguna hancur dengan kondisi atap porak-poranda. Begitu juga dengan dua rumah warga yang terlihat rusak pada bagian atapnya, dan sekitaran 6 rumah lagi juga terkena imbas pada bagian atap (rusak ringan).

Agus Sofyan, Lurah Tanjungriau saat di lokasi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pendataan secepatnya dan melaporkan kejadian ini ke Dinas Sosial Kota Batam. "Akan kita laporkan ke Dinas Sosial, pendataan kerusakan juga sudah kita lakukan. Secepatnya kita usahakan," ucapnya.

Kepada BATAMTODAY.COM, Agus memberikan data resmi rumah yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang melanda Kampung Bukit (RW05) dan Kampung Ponjen (RW06), Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang.

"1 gedung serbaguna rusak berat. 2 rumah rusak sedang, dan 6 rumah lainnya rusak ringan dan 2 unit motor juga ketimpa spandek yang diterbangkan angin," paparnya.

Dari musibah ini, tidak ada korban jiwa. Namun, mengenai kerugian materil akibat kerusakan bagunan belum bisa dihitung.

Editor: Gokli