Tinggalkan Hang Nadim Batam Hari Ini

Pesawat Ethiopian Airlines Dinyatakan Bersalah Langgar Wilayah Udara Indonesia
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 17-01-2019 | 13:28 WIB
ethiopian111.jpg
Pesawat Ethiopian Cargo asal Ethiopia yang dipaksa mendarat di Hang Nadim Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pesawat Ethiopian Airlines tipe Boeing B 777F dengan nomor register ET-AVN dipastikan akan meninggalkan Bandara Hang Nadim Batam hari ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (17/1/2019) siang.

"Pihak maskapai Ethiopian Arlines pusat semalam sudah datang dan melengkapi semua data-datanya. Dijadwalkan hari ini maskapai Ethiopian akan meninggalkan Kota Batam," ujarnya.

Suwarso mengatakan, penyidikan selama 3 hari telah menyatakan bahwa Ethiopian Arlines bersalah telah melanggar wilayah udara Indonesia tanpa memiliki izin. "Mungkin sore ini akan meninggalkan Kota Batam menuju Singapura," lanjutnya.

Untuk sanksi sendiri, Suwarso mengatakan bahwa Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian Perhubungan Indonesia juga telah memberikan sanksi kepada maskapai ini.

"Untuk sanksinya ada dan telah diberikan oleh PPNS Kemenhub, tapi saya lihat dulu untuk lebih lengkapnya," tutupnya.

Sebelumnya, pesawat asal Ethiopia ini berangkat dari Addis Ababa, ibu kota Ethiopia dengan tujuan Hong Kong. Mendapati adanya maskapai asing yang melanggar wilayah udara Indonesia tanpa izin, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) segera memerintahkan dua pesawat tempur F-16 dari Skardon Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk melakukan identifikasi visual dan penyergapan.

Maskapai Ethiopian Airlines ini dipaksa mendaratkan pesawatnya di Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan.

Editor: Yudha