Haripinto Janji Perjuangkan Keinginan Petani Natuna ke Pemerintah Pusat
Oleh : Kalit
Sabtu | 15-12-2018 | 10:52 WIB
haripinto-natuna.jpg
Haripinto Tanuwidjaya, anggota DPD RI Dapil Kepri (kemeja Putih topi Biru) bersama sejumlah petani di Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Natuna, Jumat (14/12/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Haripinto Tanuwidjaya, anggota DPD RI Dapil Kepri berjanji akan memperjuangkan keinginan para petani di Natuna kepada Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan Senator asal Kepri ini usai mengunjungi lokasi persawahan Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Natuna, Jumat (14/12/2018). Di mana, dalam rangkaian reses ini, Haripinto mendengar dan melihat langsung keluh kesah para petani lokal Natuna.

Harpinto mengatakan, akan menyampaikan keinginan para petani kepada pemerintah daerah dan pusat. Berdasarkan penyampaian para petani, salah satu hambatan dalam memperoleh hasil panen yang maksimal dikarenakan kurangnya pemberian pupuk.

Hal itu karena harga pupuk melambung tinggi, sedangkan untuk pupuk bersubsidi belum memadai. "Bisa dibayangkan, gara-gara kurang pupuk hasil panen petani jadi gak maksimal. Kalau memang persoalannya ketersediaan pupuk subsidi sangat sedikit, saya akan bantu sampaikan kepada Kementerian terkait," katanya.

Sektor pertanian di Natuna, kata Haripinto, harus didukung secara penuh oleh pemerintah. Ketahanan pangan di pulau terdepan NKRI ini harus terjamin.

"Ini tugas Kementerian terkait dan Pemerintah Daerah agar sektor pertanian di Natuna terus maju. Apalagi tahun ini Pemerintah Pusat sudah mengucurkan dana puluhan miliar untuk pembangunan irigasi di Natuna," paparnya.

Menurutnya, ketersediaan pangan di Natuna tidak harus selalu dipasok dari luar daerah. Sebab secara geografis, lahan tidur di Natuna sangat luas.

Jika dikelola dengan baik, sektor pertanian, perkebunan juga dapat berkembang. "Selain kelautan, sektor pertanian dan perkebunan juga memiliki peranan penting dalam kemajuan perekonomian Natuna," tandasnya.

Editor: Gokli