Isdianto Imbau Masyarakat Berperan Aktif Tangkal Terorisme
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 22-11-2018 | 14:52 WIB
wagub-batam1.jpg
Wakil Gubernur Isdianto saat Dialog Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme di Kawasan Perbatasan di Provinsi Kepri. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Gubernur Isdianto mengatakan, wilayah perbatasan menjadi garda terdepan dalam hal pengawasan terhadap keluar masuk serta penyebaran jaringan terorisme. Karena itu semua harus berperan dan meningkatkan pengawasan terhadap orang, bahan peledak dan peredaran dana ilegal.

"Para pelaku terorisme masuk dengan pemanfaatan lemahnya sistem pengawasan di perbatasan. Karena itu, kita harus tingkatkan. Masyarakat harus ikut berperan aktif," kata Isdianto saat Dialog Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme di Kawasan Perbatasan di Provinsi Kepri, di Haris Hotel Batam, Kamis (22/11/2018).

Isdianto berharap, kegiatan ini dapat menjadi peningkatan komunikasi dan koordinasi antara pemerintah daerah dan masyarakat termasuk aparat keamanan dalam penanganan paham radikal. Karena ini juga dalam upaya menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Dia ingin semua pihak menanfaatkan dialog ini untuk membahas langkah pensinergian dalam menggulang berbagai permasahan di masyarakat. Khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan masalah radikalisme dan terorisme.

Isdianto memaparkan kondisi geografis Kepri yang berbatasan dengan banyak negara. Sebelah utara perbatasan dengan Vietnam dan Kamboja dan sebelah barat berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Di timur berbatasan dengan Malaysia dan Kalbar. Apalagi ada sekitar 125 pelabuhan tikus.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Reni Yusneli mengatakan ada kelompok-kelompok tertentu yang mempunyai paham-paham radikal dan ingin memecah belah antara sesama. Tapi itu jangan sampai terjadi karena masyarakat sudah bersatu mempunyai komitmen sebagai suatu negara yaitu NKRI.

Menurut Reni, Indonesia adalah bangsa yang hidup dalam suasana pruralitas suku, ras, budaya dan agama sehingga terbiasa dengan perbedaan. Namun semua menerima perbedaan tersebut dengan prinsip hidup dengan berdampingan secara damai.

Prinsip ini, kata Reni, sudah ada sejak lama dan berjalan dengan baik. Dengan semangat kesatuan yang terekspresikan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

"Tapi selalu ada yang menganggu dengan radikalisme. Memang tidak ada satupun negara yang bebas dari ancaman radikalisme. Oleh karena itu kita harus tetap waspada dan berhati-hari terhadap ancaman apapun," kata Reni.

Editor: Yudha