Masjid Agung Batam Segera Direvitalisasi
Oleh : Redaksi
Rabu | 03-10-2018 | 10:28 WIB
masjid-agung.jpg
Masjid Agung Batam di Batam Center.

BATAMTODAY.COM, Batam - Masjid Agung Batam di Batam Center akan segera diperbaharui. Ada beberapa bangunan yang akan ditambah, seperti menara di sisi kanan dan kiri.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), Suhar mengatakan, desain revitalisasi Masjid Agung Batam di Batam Center telah rampung dibuat. "Untuk desain dari arsitekturnya sudah siap. Cuma nanti untuk pengesahan APBD murninya, akan dipertajam dengan lembar kerja termasuk hasil desain ini. Baru di tenderkan sekitar Desember nanti,” ujar Suhar, Selasa (2/10/2018) seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Dalam bentuk desain ini, lanjutnya, terdapat beberapa perubahan yang mencolok, salah satunya penambahan empat menara masjid. Kelak akan menjadi lima menara.

"Empat menara ditambah di kanan kiri depan belakang masjid, dengan satu menara utama. Jadi ada lima menara," terangnya.

Di samping itu, pembangunan basement juga menjadi prioritas yang diperkirakan mengeluarkan biaya cukup besar dalam revitalisasi Masjid Agung Batam. Basement akan dibuat di area bawah koridor (dilakukan penggalian bawah tanah).

"Hal ini agar parkiran kendaraan tertata rapi dan tidak sembarangan," jelas Suhar.

Selanjutnya, akan dilakukan penambahan kapasitas bangunan ke kiri dan ke kanan agar terlihat seimbang dengan masjid utama. Area tersebut juga akan di pasang keramik hingga dapat dijadikan area salat terbuka.

"Untuk penyeimbangnya, dibuat koridor lebih tinggi yang mengelilingi area terbuka itu," jelasnya.

Sementara terhadap bangunan utama Masjid Agung Batam, tidak dilakukan perombakan bangunan selain dilakukannya perubahan arsitektur di bagian dalam masjid dan pengecatan ulang.

"Yang akan lebih banyak perubahannya memang di bagian luar, karena harus dihancurkan (rombak ulang)," papar Suhar.

Terhadap revitalisasi ini, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, menyebutkan setidaknya butuh anggaran Rp80 miliar untuk proyek tersebut. Dengan rincian, alokasi anggaran tahun 2019 sebanyak Rp40 miliar, sementara sebagiannya dianggarkan pada tahun 2020 mendatang.

Editor: Gokli