Peringatan 1 Muharram 1440 H Momentum Wujudkan Indonesia Damai
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 11-09-2018 | 14:40 WIB
kapolda11.jpg
Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Andap Budhi Revianto dan Syeikh Ali Jaber saat acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H di Tanjungpinang. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Andap Budhi Revianto meminta agar masyarakat Kepri menjadikan Malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, sebagai momentum pemersatu persaudaraan dalam mewujudkan Indonesia Damai.

Hal tersebut disampaikan dalam Tabligh Akbar yang digelar di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (10/9/2018) malam yang juga diisi oleh Tausiyah dari Syeikh Ali Jaber, dan dihadiri Forkopimda TK 1 Prov Kepri, TNI/Polri Kepri, Forkopimda TK II Kab/Kota, Anggota DPR RI/ Kota/Kab, SKPD Prov Kepri/Kab/Kota, para Tokoh dan Masyarakat.

"Jadikan momentum di tahun baru Hijriah ini sebagai prestasi, pemersatu dan persaudaraan dalam mewujudkan Indonesia yang damai, semoga kedepan kita bisa bersama-sama bekerja dalam menjaga Provinsi Kepri ini, dan acara Tabligh Akbar ini juga merupakan salah satu upaya Cooling system dalam menghadapi dinamika Pileg dan Pilpres 2019," ujar Kapolda Kepri dalam sambutannya.

Andap berharap dalam kegiatan yang bertemakan Hijrah Sebagai Momentum Prestasi, Persatuan, dan Persaudaraan Mewujudkan Indonesia Damai ini, masyarakat Kepri dapat lebih memaknai Tahun Baru 1 Muharram sebagai sinergi dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Dalam kesempatan yangbberhahagia ini, saya secara pribadi mengajak untuk mensukseskan Pesta Demokrasi 2019 dengan menghentikan ujaran kebencian yang dapat memecah belah NKRI," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Syeikh Ali Jaber juga memberikan tiket Umrah gratis, kepada salah seorang personel Polda Kepri atas nama Bripda Muhammad Ridwan. Hal tersebut diberikan mengingat personil Polda Kepri tersebut dapat menghafal 5 juz Al Quran.

Sementara itu, peringatan 1 Muharram 1440 H dilaksanakan di 16 lokasi yang berada di Kepulauan Riau berjalan lancar dan aman.

Dimana Pawai Ta'aruf yang digelar di Kecamatan Meral dan Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan, dan Desa Melukap Laut Kabupaten Lingga. Kemudian Tablig Akbar yang digelar di Gedung Daerah Tanjung Pinang, Tugu Nenas Kundur Kabupaten Karimun dan Masjid Istiqomah Tarempa Kabupaten Anambas.

Dzikir bersama pada Mesjid Agung Batam, Kediaman Kapolres Bintan, Mesjid Raya Al Hikmah Lobam Bintan, Gedung BPMS Taremba Kabupaten Anambas, dan Mesjid Raya At-Taqwa Selayar Kabupaten Lingga. Juga Istigosah di Desa Kuala Raya Singkep Barat Kabupaten Lingga. Serta Tausiah di Masjid Agung Natuna dan Tanjunh Harapan Singkep Kabupaten Lingga.

Editor: Yudha