Kapolda Kepri Buka Kenduri Laut 2018 di Pulau Mongkol Batam
Oleh : Hadli
Senin | 10-09-2018 | 08:04 WIB
kenduri-laut.jpg
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi R dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun memanjatkan doa dalam kenduri laut di Pulau Mongkol, Batam (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi R membuka acara Kenduri Laut 2018 di Pulau Mongkol, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Minggu (9/9/2018) sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H," kata Irjen Pol Andap kepada BATAMTODAY.COM, Senin (10/9/2018) pagi.

Lembaga Perhimpunan Melayu Raya bekerjasama dengan Polda Kepulaun Riau (Kepri) melaksanakan doa bersama masyarakat melayan pesisir sekaligus Silaturahim Kamtibmas oleh Kapolda.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun, anggota komisi II DapRRI Dwi Ria Latifa, waka Polda Kepri, beserta PJU Polda Kepri, Wawali Kota Batam, serta segenap Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita dan Tokoh Pemuda Kecamatan Belakang Padang.

Pada kesempatan itu dilaksanakan juga berbagai lomba Ketinting dan Sampan Layar (8 kategori), dimana lomba bertajuk "Masyarakat Nelayan Pesisir 1000 sampan Merangkai Pulau Menyatukan Negeri Untuk NKRI", dihadiri oleh masyarakat berbagai pulau terluar di sekitar Kota Batam (30 pulau) yang merupakan perbatasan RI dengan Singapura dan Malaysia.

Pada acara ini, ditampilkan juga berbagai kesenian Melayu berupa Kompang penyambutan, Silat Melayu dan Dzikir, serta makan bersama masyarakat menikmati hasil laut yang diperoleh dari hasil tangkap nelayan di Batam.

Selain itu dilaksanakan juga "Bhakti Kesehatan dan pengobatan gratis" yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Batam untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pemberian tali asih kepada anak-anak masyarakat sesa lemping.

"Kegiatan dimaksud merupakan acara perdana yang selanjutnya akan direncanakan jadi agenda tahunan bagi Provinsi Kepri guna meningkatkan wisatawan dari sektor pariwisata," papar Kapolda.

Editor: Surya