70 Pekerja di Berhentikan

Kalah Saing, Hotel Goodway Batam Tutup
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 05-09-2018 | 12:52 WIB
goodway1.jpg
Hotel Goodway Nagoya.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hotel Goodway di Jalan Imam Bonjol No.1 Nagoya tutup. Hal itu akibat kalah saing dengan hotel lainnya.

Hotel berbintang 4 ini sepat berjaya di era tahun 2000an, saat itu namanya Batam Jaya sebelum diganti menjadi Goodway. Tapi seiringnya perkembangan dan pertumbuhan perhotelan di Batam, khususnya di kawasan Nagoya, Hotel Goodway sepertinya tak mampu bersaing.

"Benar, Hotel Hoodway sudah tidak beroprasi sejak 21 Agustus lalu. Mereka melaporkan langsung ke kami (Disnaker-red)," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Syakerti melalui sambungan telepon, Rabu (5/9/2018) siang.

Menurutnya tutupnya Hotel Goodway disebabkan kalah saing dengan hotel lainya. Pasalnya di kawasan Nagoya dan Batumpar terdapat puluhan hotel bintang 2 sampai bintang 5. Selain itu masih banyak lagi hotel kelas melati yang menawarkan harga terjangkau dari Rp120.000 hingga Rp300.000 per malam.

Tentu wisatawan dan wisman mencari hotel yang terbaik dan nyaman untuk tempat beristirahat dengan harga terjangkau.

"Persaingan dengan hotel yang baru sekarang banyak. Selain itu Hotel Goodway juga sudah tua. Dulu saat berdiri namanya Hotel Bagam Jaya. Sekarang berganti menjadi Goodway," ujarnya.

Tutupnya Hotel Goodway mengakibatkan sekitar 70 karyawan diberhentikan. Namun Rudi mengaku tidak tau total keseluruhan karyawa yang berkerja.

Rudi menambahkan, setelah menejemen Hotel Goodway melaporkan, Disnaker telah melakukan pertemuan pada 28 Agustus lalu. Pertemuan itu dihadiri oleh menejemen dan para pekerja. Dalam pembahasan menajemen dan pekerja sepakat membuat surat perjanjian bersama (PB).

Dimana dalam perjanjian tersebut, menejemen berjanji akan menyelesaikan hak-hak pekerja pada Desember mendatang. Hak-hak pekerja diantaranya pesangon dan pembayaran gaji.

"Rata-rata pekerja yang berkerja di Hotol Hoodway merupakan karyawan lama atau tetap. Jadi menejemen harus membayar pesangon sesuai ketentuan," tegasnya.

Meski sudah tutup, kemungkinan besar Hotel Goodway tetap akan beroperasi kembali sebagai hotel. Tapi akan berganti pemilik dengan melakukan renovasi dan perbaikan agar dapat bersaing dengan hotal lainya.

"Rencana hotel itu saya tidak tau pasti. Tapi informasi tetap akan difungsikan sebagai hotel. Tapi diambil investor lain," pungkasnya.

Editor: Yudha