Polda Kepri Miliki Alat Canggih Bantu Penyelidikan Kasus Laka Lantas
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 30-08-2018 | 13:40 WIB
uji-coba-alat-lantas1.jpg
Kasubditgakum Ditlantas Polda Kepri, AKBP Tolopan Simanjuntak dan jajaran uji coba alat Leica Scanstation. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proses penyelidikan terkait kejadian kecelakaan lalu lintas di Polresta Barelang kedepannya akan dibantu oleh alat canggih bernama Leica Scanstation.

Alat besutan Austria tersebut merupakan teknologi forensik untuk kepolisian khususnya untuk membantu penyelidikan laka lantas.

Kasubditgakum Ditlantas Polda Kepri, AKBP Tolopan Simanjuntak yang ditemui di lokasi kecelakaan tunggal mobil Toyota Fortuner di depan Polresta Barelang, mengatakan, sejauh ini pihaknya masih sama-sama belajar untuk menggunakan alat tersebut.

"Alat ini baru kita dapat dari Mabes. Ada 20 Polda yang mendapatkannya. Kebetulan ada kecelakaan dan kita langsung turun sekaligus sosialisasi alat ini," ujar Simanjuntak, Kamis (30/8/2018).

Dijelaskan, alat ini dapat mensimulasikan bagaimana proses kecelakaan itu terjadi mulai dari sebelum, sesaat dan sesudah kejadian.

"Alat ini akan melakukan scan laser di lokasi dan nantinya menghasilkan gambar 3D setelah dimasukkam ke komputer atau laptop yang telah dipasangkan programnya," jelasnya.

Untuk saat ini, sudah ada beberapa personil dari Polda Kepri dan Polresta Barelang dibekali pelatihan untuk mengoperasikan alat tersebut. Namun untuk lebih legalnya, akan kembali dilakukan pelatihan sertifikasi.

"Dari pelatihan awal yang kita dapat, hasil scan yang dilakukan alat tersebut 99 persen akuran, sehingga sangat membantu dalam proses penyelidikan. Namun sekarang ini kita masih dalam pembelajaran," pungkasnya.

Pantauan, alat tersebut akan berputar sendiri setelah diseting untuk merekam jejak di lokasi dan kemudian akan menghasilkan gambar 3D.

Editor: Yudha