Kemenhub Sebut Neno Warisman Lakukan Kesalahan Gunakan Mikrofon Pesawat
Oleh : Redaksi
Rabu | 29-08-2018 | 09:04 WIB
neno-mikrofon-pesawat.jpg
Aksi Neno Warisman menggunakan mikrofon pesawat Lion Air di Pekanbaru

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut aksi Neno Warisman menggunakan Public Address System (PAS) atau mikrofon pesawat sebagai suatu kesalahan. Bukan hanya Neno, pilot dan awak kabin juga melanggar aturan.

Aksi Neno memakai PAS itu terjadi di pesawat Lion Air JT 297 rute Pekanbaru-Jakarta pada Sabtu (25/8/2018). Lewat PAS, Neno meminta maaf kepada penumpang dan bicara soal penghadangan yang dia alami.

Plt Dirjen Hubud M Pramintohadi Sukarno menyatakan penggunaan PAS diatur dalam internal standard operating procedure (SOP) Lion Air. SOP itu menyatakan PAS hanya bisa digunakan oleh kru kabin untuk menyampaikan informasi kepada penumpang, bukan digunakan oleh penumpang untuk menyampaikan informasi lain yang tidak terkait dengan operasi penerbangan. Kemenhub melayangkan teguran kepada Lion Air akibat tindakan Neno itu.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU) Kemenhub Capt Avirianto mengatakan pihaknya telah melayangkan teguran kepada manajemen Lion Air. Teguran itu disampaikan melalui surat dengan Nomor: AU.651/DKPPU/VIII/2018 tertanggal 27 Agustus 2018.

"Meminta Lion Air menindak tegas Station Manager, PIC, dan Cabin Crew yang tidak melaksanakan Internal SOP secara baik dan benar," kata Avirianto soal isi surat teguran, dalam keterangan tertulis dari Kemenhub, Selasa (28/8/2018).

Tindakan ini diambil Kemenhub setelah video Neno Warisman memakai PAS beredar luas. Aksi itu dilakukan Neno dalam penerbangan Lion Air JT 297 rute Pekanbaru-Jakarta pada Sabtu (25/8/2018). Menggunakan PAS, Neno meminta maaf kepada penumpang dan bicara soal penghadangan yang dia alami saat akan menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden.

Plt Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) M Pramintohadi Sukarno menyebut apa yang dilakukan Neno sebagai kesalahan. Bukan hanya Neno, pilot dan awak kabin Lion Air juga bersalah dan akan disanksi.

"Penggunaan PAS oleh penumpang dalam penerbangan Lion Air JT 297 melanggar internal SOP maskapai Lion Air merupakan tindakan yang salah. Pilot in command (PIC) maupun cabin crew serta penumpang telah melakukan kesalahan. Terhadap PIC dan cabin crew akan dilakukan tindakan tegas," jelas Praminto.

Sebelumnya diberitakan, momen Neno memakai PAS atau mikrofon pesawat itu direkam oleh sejumlah penumpang, salah satunya oleh tvOne. Dari video, terlihat Neno menggunakan mikrofon yang biasanya digunakan awak kabin atau pramugari untuk memberi pengumuman. Neno minta maaf dan bicara soal pengadangan yang dia alami saat hendak menghadiri acara deklarasi #2019GantiPresiden.

"Pada Bapak-Ibu dan semuanya yang jadi terhambat perjalanannya tadi, izinkan saya untuk minta maaf yang pertama walaupun bukan kesalahan saya," kata Neno.

"Penggunaan PAS oleh penumpang dalam penerbangan Lion Air JT 297 melanggar internal SOP maskapai Lion Air merupakan tindakan yang salah. Pilot in command (PIC) maupun cabin crew serta penumpang telah melakukan kesalahan," kata Pramintohadi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/8/2018).

Editor: Surya