Ayo Belajar Membatik di Batam Batik Fashion Week 2018
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 27-06-2018 | 19:16 WIB
belajar-membatik.jpg
Marlin Agustina Rudi, Ketua Dewan Kerajinana Nasional (Deskranasda) Kota Batam sedang belajar membatik. (Foto; Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Festival Batam Batik Fashion Week 2018 yang diadakan di Kepri Mall mengundang 10 desainer terkenal di Kota Batam. Tujuannya untuk memperkenalkan jenis-jenis batik yang dimiliki Kota Batam.

Marlin Agustina Rudi, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Deskranasda) Kota Batam menjelaskan, estival Batam Batik Fashion Week 2018 akan road show di Kepri Mall, Mega Mall dan Panbil Mall.

"Kami menggandeng 10 Desainer terkenal di Batam, di sini para desainer bisa berinovasi dengan Batik Batam dan ada beberapa motif yang kami pilih," ujarnya, Rabu (27/6/2018).

Dijelaskan, Kota Batam memiliki motif khas mulai batik gonggong, jembarang barelang, priuk dan masih banyak lagi sebagai ikon Batam.

"Kami mengambil 10 motif batik dari Batam, dan tidak lupa ada beberapa perajin ternama juga ikut andil dalam kegiatan ini, agar element-element terkain bisa membantu kita untuk menaikkan atau mengangkat batik batam ini," ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selain talkshow ada juga fashion show dan belajar membatik bagi anak-anak yang langsung didampingi para pengerajin. Selin itu banyak juga stan-stan yang menyuguhi beberapa macam batik mulai dari batik cetak dan ukiran.

"Pengunjung kepri mall bisa melihat dan belajar langsung untuk membuat batik. Free, tidak dipungut biaya," ucapnya.

Ketua Panitia, Januar Arif K menambahkan, harapannya agar batik Kota Batam lebih dikenal di kalangan masyarakat dan masyarakat senang menggunakan baik dari kalangan anak muda hingga orang tua.

"Kami di sini menyediakan bahannya. Pembeli bisa membuat baju, celana, jilbab atau yang lainnya. Harga dimulai dari Rp200 ribu sampai Rp400 ribu, tergantung jenis batik tulis atau cap," pungkasnya.

Editor: Yudha