Bisa Usung Tanpa Koalisi di Jatim, PKB Bakal Buat Poros di Luar Khofifah
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-05-2024 | 08:36 WIB
0405_PKB-JATIM-KOFIFAH_03495498.jpg
Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda. (Foto: Disway/Intan Afrida Rafni)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan membuat poros baru pada pencalonan gubernur Jawa Timur untuk melawan Mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Pilkada Jawa Timur, PKB memiliki peluang untuk mencalonkan secara mandiri.

Demikian ungkap Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda. "Kita pemenang di sana, ada 27 kursi artinya kita punya hak tanpa koalisi untuk mengusung tapi kami pastikan akan berkoalisi dengan partai lain disana," ujar Syaiful Huda di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Mei 2024.

Adapun dalam proses pembangunan koalisi itu sendiri, Syaiful Huda mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan beberapa partai politik, namun dirinya belum bisa membeberkan siapa saja partai politik yang dimaksud kepada awak media.

"Ada beberapa partai politik sudah komunikasi untuk membangun poros Pilgub Jawa Timur dengan PKB," kata Syaiful Huda.

Sedangkan untuk sosok calon Gubernur yang akan diusungnya, Syaiful Huda mengatakan bahwa pihaknya sudah ada namun juga belum bisa membeberkannya. "Sosoknya sih sudah ada sebenarnya, ketumkan sudah bilangkan tuh, ya kita tunggu saja," ucap Syaiful Huda.

"Bisa perempuan biar sama-sama perempuan, ya bisa laki-laki supaya antara laki-laki dan perempuan. Mbak Khofifah perempuan, kita laki-laki calon gubernur," tambahnya.

Diketahui, PKB kembali melakukan penjaringan calon kepala daerah. Kali ini lakukan untuk daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar menjelaskan bahwa pihaknya sudah mulai melakukan proses seleksi untuk calon kepala daerah yang akan diusung pada tiga daerah tersebut.

Tentunya, hal yang diliat dalam proses seleksi adalah tiga kriteria utama, yaitu kapabilitas, visi, dan elektabilitas.

"Kita masih punya waktu sekitar enam bulan untuk mematangkan apabila elektabilitas dari calon-calon yang kita siapkan ini perlu kita tingkatkan, kita support," jelasnya.

Adapun daftar tokoh yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran Pilkada ke PKB, yaitu Airin Rachmi Diany, Benyamin Davnie, Ahmed Zaki Iskandar, Ida Fauziah, Syaiful Huda, dan Cucun Ahmad Syamsurijal.

Cak Imin mengatakan bahwa nantinya semua calon kepala daerah yang mendaftar lewat PKB, akan dilihat dari tiga kriteria awalnya.

"Tentu tiga itu lagi diukur kapasitas, kapabilitas, diukur visi misinya, dan tentu ketiga elektabilitas," kata Cak Imin. "Nanti diskusi, wawancara, kemudian presentasi dan potensi koalisi mengusung bersama," tandasnya.

Editor: Dardani