Tepis Tudingan Caplok Lahan Fasum dan ROW Jalan

Demi Kenyamanan Investor, Kawasan Industri Walakaka Dipagar Keliling
Oleh : Gokli Nainggolan
Jum\'at | 08-06-2018 | 16:28 WIB
Walakaka1.jpg
Kawasan Industri Walakaka yang akan dipasang pagar pembatas. (Foto: Gokli)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Walakaka Pratama, pengelola kawasan industri Walakaka di daerah Simpang Frengky, Batam Center selalu berupaya menciptakan rasa nyaman dan aman bagi pelaku usaha. Salah satunya, dengan mendirikan pagar pembatas di lahan milik Walakaka sesuai PL yang dikeluarkan Otorita Batam pada tahun 1994 lalu.

Humas Walakaka, Adfenfry Manik, menyampaikan, rencana pembangunan pagar pembatas kawasan itu akan dilakukan usai lebaran ini. Di mana, batas kawasan di sisi kiri, kanan dan belakang bakal ditutup dengan pagar beton.

"Selain menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pelaku usaha, pemasangan pagar pembatas ini juga bertujuan untuk menampik banyaknya tudingan bahwa Walakaka mendirikan bagunan baru di lahan fasum dan ROW jalan," kata Adfenfry, Jumat (8/6/2018).

Dijelaskanya, sejak adanya bagunan baru di samping kawasan Walakaka, banyak pihak yang menuding bagunan itu milik Walakaka. Padahal faktanya, pihaknya tidak tahu menahu dan tak mau tahu terkait bangunan baru itu.

"Sesuai dengan PL kami (Walakaka) lahan berdirinya bagunan itu masuk dalam lahan fasum. Tetapi, kami tidak mau campuri itu. Hanya saja, kami jangan dituding sebagai pemilik bagunan itu. Kami hanya mengurus lahan kami, bukan lahan orang lain," ungkapnya.

Masih kata Adfenfry, dengan adanya pagar pembatas kawasan itu, pintu ke luar masuk hanya ada satu, dari depan. Pun, ke depan akan ditempatkan sekurity semala 24 jam untuk mengawasi lalau lintas kendaraan yang masuk kawasan.

"Bentuk pagar ini nantinya akan mengikuti bentuk PL, setiap sisinya dibagun pagar beton kecuali bagian depan yang menjadi pintu utama. Jadi yang bisa masuk hanya pihak yang memiliki kepentingan dengan para pelaku usaha yang ada di Walakaka" jelasnya.

Sesuai dengan PL milik Walakaka tahun 1994 lalau, sisi kanan ada jalan Row 20 Meter yang tembus belakang Kawasan Industri Cammo sampai ke Simpang Kara, depan Perumahan Duta Mas. Sementara, sisi kiri jalam utama dari Simpang Kara ke Simpang Frengky dan di bagian depan jalan dari Simpang Frengky ke Simpang Kengky (Calista).

Editor: Yudha