Cegah Faham Radikal, Wali Kota Batam Imbau Warga Tingkatkan Siskamling
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 16-05-2018 | 16:04 WIB
wako_batam_rudi2.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meminta masyarakat agar meningkatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) mengantisipasi kejadian teror di sejumlah daerah di Indonesia.

"Siskamling dihidupkan kembali. Seluruh penduduk baru datang, bajib lapor RT/RW," ujar Rudi, Selasa (15/5/2018).

Menurutnya, Siskamling merupakan upaya masyarakat dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban lingkungannya. Juga sebagai cara untuk memberikan perlindungan dan pengamanan dengan mengutamakan pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Masing-masing umat beragama harus saling menghargai dan memberi penjelasan ke masing-masing jamaahnya. Semoga yang terjadi teror bom tidak terjadi di Batam," katanya.

Rudi juga meminta seluruh tokoh-tokoh agama di Batam saling menjaga umatnya. Agar kondisi keamanan bisa terjaga. "Para ulama dan ustad menjaga jamahnya, begitu juga Pendeta. Dan saya untuk seluruh Kota Batam," ujarnya.

Sementar itu, pasca penyerangan 4 orang terduga teroris di Mapolda Riau, penjagaan ketat mulai terlihat di sejumlah titik keramaiyan di Batam. Salah satu contohnya Mega Mall, sejumlah aparat kepolisian tampak melakukan penjagaan.

"Memang tadi ada datang beberapa Polisi pasca kejadian penyerangan di Riau," ungkapnya Helmi, seorang security Mega Mall.

Editor: Yudha