Gelar Lomba Humanity Award 2018

Selama Ramadhan, ACT Road Show Luncurkan Paket Pangan untuk Buka Puasa dan Sahur
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 15-05-2018 | 08:28 WIB
act.jpg
Para pengurus Organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepulauan Riau(Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepulauan Riau akan mengadakan road show di dua belas Kecamatan di Batam dalam rangka meluncurkan paket pangan untuk berbuka puasa dan sahur selama Ramadhan.

Adanya program ini sendiri terangkum dalam program kerja "Beri Ramadhan Terbaik" yang akan dilaksanakan oleh ACT dalam waktu dekat.

"Untuk titiknya di dua belas Kecamatan ini nanti akan kita umumkan di media sosialnya ACT, atau bisa langsung diakses di website kami www.act.id," ujar Branch Manager ACT Kepri, Brinanti Sandwika Jalius, Senin (14/05/2018).

Dalam road show yang akan dilakukan ACT Kepri, pihaknya mengaku akan membagikan sekitar 100 porsi untuk makanan berbuka puasa maupun sahur. Adanya program ini sendiri dinyatakan menyasar masyarakat kecil dan juga membantu meringankan beban dari saudara-saudari yang membutuhkan bantuan.

Organisasi ini juga menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pihak lainnya yang ingin menyalurkan bantuan berupa paket sembako maupun paket lebaran terhadap masyarakat yang membutuhkan.

"Satu hal yang kami tekankan di dalam ACT, kami tidak mengenal yang namanya suku, warna kulit, agama, atau apapun namanya. Di sini kami murni ingin berbagi kebahagiaan, bagi saudara saudari kita," lanjutnya.

Brinandi menambahkan, selain program yang akan dilakukan oleh ACT Kepri, secara Nasional ACT juga memiliki program Humanity Food Truck atau truk layanan makan gratis yang akan berkeliling di wilayah pra-sejahtera Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat.

Selain itu, ACT juga mengagas Kapal Ramadhan yang akan melakukan pelayaran guna memberikan bantuan pangan bagi masyarakat pesisir dari Barat hingga Timur Indonesia.

"Ide Kapal Ramadhan ini sama dengan Kapal Kemanusiaan yang kita lakukan untuk membantu saudara saudari kita yang berada di Palestina. Jadi misinya memang untuk membantu, tidak ada unsur apapun dalam gerakan yang kami lakukan," paparya.

Tidak hanya itu, menjelang bulan suci umat Islam ini, ACT punya satu agenda menarik berupa lomba karya jurnalistik kemanusiaan. Lomba yang dimulai sejak 10 Mei hingga 21 Juni 2018 tersebut terbagi dalam beberapa kategori.

Di antaranya lomba karya tulis jurnalistik untuk wartawan cetak dan online, kemudian lomba karya foto jurnalistik untuk wartawan foto cetak dan online, serta lomba karya video jurnalistik untuk wartawan televisi.

Bahkan, bagi masyarakat umum yang biasa menulis kolom artikel atau opini, juga dapat mengikuti lomba ini. Caranya dengan mengirimkan naskah opini atau artikel yang pernah dimuat di periode 10 Mei hingga 21 Juni 2018 tentang kiprah aksi-aksi kemanusiaan ACT.

"Dengan mengusung tema "Beri Ramadan Terbaik" ACT mengajak masyarakat, khususnya insan Pers bisa sama-sama menyiarkan kebaikan umat kepada umat lainnya. Agar mampu membangun gairah (semangat) kepedulian pada sesama manusia yang membutuhkan," harapnya.

Editor: Udin