BBKSDA Jawa Timur Promosikan Destinasi Wisata Kawah Ijen di Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Sabtu | 12-05-2018 | 16:40 WIB
kawah-ijen-jatim1.jpg
Destinasi wisata Kawah Ijen di Jawa Timur.

BATAMTODAY.COM, Batam - Batam selalu dijadikan tempat memperkenalkan destinasi wisata yang dimiliki setiap daerah dikarenakan lokasi Batam yang starategis dekat dengan luar negeri.

Kali ini Balai Besar Konservasi Sumber daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur hadir di Batam untuk memperkenalkan destinasi wisata Kawah Ijen dalam pameran wisata yang digelar di Mega Mall, Batam Centre.

Kasubag data evaluasi pelaporan dan kehumasan BBKSDA Jatim Timur, Gatut Panggah Prasetyo menjelaskan, kegiatan memperomosikan objek wisata dari Jatim, yakni Kawah Ijen. Dan dalam pameran menyediakan fotoboth 4G, hasil fotonya seperti nyata.

"Dengan adanya fotoboth, akan membuat wisatawan penasaran melihat keindahan aslinya. Destinasi Wisata Kawag Ijen, Pesona Blue Fire diujung Timur Jawa, sehingga setiap orang bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah dan menakjubkan," ujar Gatut, Sabtu (12/5/2018).

Dijelaskan, aksesibilitas untuk menuju ke sana, memiliki lima alternatif jalan yang bisa dilalui yakni melalui jalur Banyuwangi, jalur Jember, jalur Malang dan Jalur Surabaya.

"Perjalanan menuju wisata tidak jauh, membutuhkan 4 jam dari Bondowoso ke Wonosari lalu ke Paltuding dan dilanjut ke Kawah Ijen, yang lebih dekat lewat sana," ujarnya.

Tarif untuk masuk Kawah Ijen, khusus untuk manca negara hari libur Rp 150.000 dan hari biasa Rp100.000. Sedangkan untuk wisatawan nusantara hanya Rp 5.000 untuk hari biasa dan libur Rp7.000. Disana juga bisa camping.

Keindahan alam yang dimiliki Kawah Ijen dimulai dari Blue Fire (Api Biru). Ini adalah fenomena menarik di Indonesia hanya terdapat di Twa Kawah Ijen. Terjadi ini disebabkan Gas Panas Sulfatara yang keluarkan ke permukaan bumi terbakar. Fenomena ini akan hilang ketika menjelang munculnya matahari di pagi hari hingga menjelang petang.

"Blue fire, bagusnya saat malam hari mengeluatkan cahaya warna Biru dan setiap wisatawan bisa mengabadikan fenomena tersebut dengan jarak 300 meter. Karena panas," pungkasnya.

Tidak hanya itu masih banyak destinasi wisata yang bisa dirasakan baik Flora Dan Fauna, Milky Way dan pemandangan indah lainnya.

Editor: Yudha