Bank Sumut Resmi Buka Cabang di Batam
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 05-04-2018 | 14:04 WIB
peresmian-bank-sumut1.jpg
Gubernur Sumut Erry Nuradi, Wakil Gubernur Kepri Isdianto resmikan cabang Bank Sumut di Nagoya Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Daerah Sumutera Utara atau Bank Sumut resmi membuka cabang di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (4/4/2018).

Pembukaan kantor cabang baru di Kawasan Nagoya Batam dihadiri Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, dan sejumlah undangan lainnya.

Peresmian cabang baru ini bersamaan dengan peresmian KCP Bank Sumut di Pulau Tello, Nias Selatan, Sumatera Utara.

"Pembukaan Cabang Batam ini kami akui prosesnya panjang. Cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi seperti kecukupan modal dan yang lainnya. Syukurlah semuanya sudah dijalani, dan akhirnya selesai," ujar Erry.

Mencapai usia yang ke-57 tahun, bank milik pemerintah daerah Sumatera Utara ini akhirnya memilih untuk melakukan ekspansi ke Batam untuk melayani kepentingan ke dua daerah serta masyarakat asal Sumut yang jumlahnya cukup besar di Batam. Ia berharap keberadaan cabang Bank Sumut ini mampu membawa manfaat, baik kepada Bank Sumut serta warga Sumut yang tinggal di Kepri.

Selain itu, Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto menuturkan bahwa kehadiran cabang baru itu dalam rangka meningkatkan pelayananan Bank Sumut untuk lebih baik lagi. Pemilihan Batam menjadi lokasi cabang baru karena potensinya yang cukup besar. dimana ada sekitar 30 persen masyarakat Sumut yang berdomisili atau menetap di Batam.

Eddie juga menyatakan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, BPD ini juga mampu menurunkan NPL atau kredit bermasalah menjadi 4,3 persen. Prestasi prestasi tersebut pun mampu mengukuhkan posisi Bank Sumut menjadi satu dari antara BPD terbesar di luar Pulau Jawa.

"Dengan hadirnya 292 jaringan kantor, termasuk dua kantor cabang di DKI Jakarta dan satu di Batam, Bank Sumut juga berencana menghadirkan Bank Sumut Syariah," tuturnya.

Untuk pembukaan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pulau Tello dilakukan sebagai jawaban atas permintaan dari Gubernur Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Gubernur Sumut. KCP Pulau Tello disebutnya sebagai cabang pembantu konvensional ke 98.

Sementara itu, di akhir tahun 2017 Bank Sumut pun mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang cukup tinggi dengan aset bank pelat merah itu mencapai Rp 29 triliun per Desember 2017 atau naik Rp 3 triliun dari tahun sebelumnya. Bank Sumut bahkan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 630 miliar tahun lalu, naik dari Rp 584 miliar tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Pemimpin Bank Sumut Cabang Batam, Todi Syahputra Idris menambahkan, sejak soft launching lalu, sudah ada 185 nasabah yang menyimpankan dananya di bank ini. Bahkan, Bank Sumut juga sudah mulai memberi kredit bagi beberapa nasabah.

"Pangsa pasar kami memang warga Kepri yang berdarah Sumut. Kami juga sudah gencar melakukan penawaran produk ke masyarakat di sini. Seperti produk KUR dari Bank Sumut yang sudah kami sosialisasikan ke Pasar Samarinda," tuturnya.

Editor: Yudha