Amsakar Buka Pelatihan Bela Negara di Mako Yonif-10 Marinir/SBY
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 05-04-2018 | 11:30 WIB
amsakar-bela-negara.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat memakaian pita Biru kepada peserta bela negara di Mako Yonif-10 Mar/SBY. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad secara resmi membuka pelatihan pembentukan kader bela negara di Markas Komando Batalyon lnfanteri-10 Marinir/SBY, Pulau Setokok, Batam, Rabu (4/4/2018) kemarin.

Komandan Batalyon Infanteri-10 Marinir/SBY, Letkol Mar Rino Rianto mengatakan, kehadiran Wakil Wali Kota Batam tersebut mendapat sambutan hangat dari para prajurit. Pada kesempatan itu, Amsakar yang menjadi Inspektur Upacara secara resmi memasangkan tali pita Biru kepada pelatih dan siswa sebagai simbol telah di buka kepelatihan kader bela negara ini.

"Pelatihan ini secara resmi dibuka Wakil Wali Kota Batam, dan ini menjadi apresiasi tersendiri untuk kami," ungkap Rino, Kamis (5/4/2018).

Pelatihan bela negara ini lanjutnya, akan berlangsung selama tiga hari, yang akan dipimpin langsung oleh Kapten Mar Rasyid Ihsan, yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Kompi Bravo Yonif-10 Mar/SBY.

"Materi latihan bela negara yang diikuti para prajurit di antaranya PBB (Pelatihan Baris Berbaris), PPM (Peraturan Penghormatan Militer), kepemimpinan, pengetahuan tentang HAM, tataran bela negara, pengetahuan cyber dan out bond," jelasnya.

Disebutkan Rino, dalam amanat yang disampaikan Waki Wali Kota Batam, arus globalisasi dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini telah begitu nyata berpengaruh terhadap dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Narkoba, pencurian, penyelundupan, pelanggaran wilayah dan kejahatan cyber menjadi ancaman nyata yang harus dihadapi secara bersama saat ini. Apabila kita hanya membebankan hal ini hanya kepada TNI/Polri maka akan terasa berat. Oleh karena itu kita bentuk kader bela negara ini untuk menjadi telinga dan mata bangsa demi menjaga keutuhan NKRI," terang Rino.

Amsakar juga berharap agar dapat terbentuk kader kader bela negara yang disiplin, optimisme, taat hukum, pekerja keras dan memiliki perilaku kesadaran untuk membela bangsa dan negara.

Dalam melaksanakan pembukaan di Batalyon Infantri-10 Marinir/SBY, orang nomor dua di Kota Batam tersebut turut didampingi Mayjen TNI Pandji Suko, Staf Ahli Menhan Bidang Politik, Mayjen TNI Eko Budi S menhan bidang keamanan dari kementerian pertahanan republik Indonesia. Selain itu turut hadir sebagai tamu undangan FKPD Kota Batam.

Editor: Gokli