Bertemu Dubes AS di Batam, Nurdin Persilakan AS Tambah Investasi di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 06-02-2018 | 20:02 WIB
nurdin-dan-dubes-as.jpg
Gubernur Kepri Nurdin Basirun meyakinkan Dubes Amerika Serikat (AS) serta investor lainnya untuk terus menambah investasi usahanya di Provinsi Kepulauan Riau (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dengan posisi Provinsi Kepri yang sangat strategis dan investor diberi banyak kemudahan dalam berinvestasi, Gubernur Kepri Nurdin Basirun meyakinkan Dubes Amerika Serikat (AS) serta investor lainnya untuk terus menambah investasi usahanya di Provinsi Kepulauan Riau.

"Silakan berinvestasi ke Kepri, semuanya mendukung dan kami akan berikan kemudahan," kata Nurdin saat menerima Konsulat Jendral Amerika Sarikat di Medan, Juja P.Salin, di Best Western Hotel, Panbil Batam, Selasa (6/2/2018).

Dalam pertemuan selama satu jam itu, Nurdin ditemani Owner Panbil Grup, Johannes Kennedy, dan Ketua HKI Kepri, Oka Simatupang. Sementara Dubes AS, Juha P.Salin didampingi tiga stafnya yang datang langsung dari Medan.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga memperkenalkan sejumlah wilayah kawasan investasi yang sangat potensial di Kepri. Selain Batam, Nurdin juga memperkenalkan wilayah Investasi di Bintan, Karimun, Tanjungpinang, Lingga serta Natuna dan Anambas. Khususnya potensi wisata di Bintan dan Anambas.

Saat awal bertemu, setelah berbincang singkat, Juha menyebutkan bahwa konektivitas ke Batam sangat bagus. Penerbangan ke pulau ini masuk dari banyak wilayah di Indonesia, termasuk beberapa penerbangan dari Medan.

Dalam perbincangan itu, Nurdin memaparkan, suluruh penerbangan nasional sudah masuk ke Hang Nadim. Bahkan untuk daerah lain juga seperti Tanjungpinang ada penerbangan reguler.

Menurut Nurdin, pihaknya akan mendorong penerbangan masuk ke banyak wilayah, selain untuk kepariwisataan juga agar mendukung masuknya investor.

Malah salah seorang staf Juha sempat menanyakan masalah power plant yang langsung dijawab bahwa di Batam dan Karimun pasokan listrik sangat baik.

Nurdin menambahkan, listrik yang baik memang disiapkan agar siap menyambut investasi yang datang. Kalau untuk kenyamanan dan keamanan, semua pihak di Kepri terus menjaga dan mewujudkan itu.

Pada kesempatan itu, Konjen As di Medan juga mengatakan, telah mengadakan kunjungan ke Karimun dan Batam pada 28 Februari hingga 3 Maret untuk sosialisasi Education USA.

Mereka akan memaparkan bagaimana bisa berkuliah di AS. Semuanya diberikan secara gratis. Jadi siapa yang berminat melanjutkan pendidikan di Negeri Paman Sam, bisa menjajakinya sejak sekarang.

Banyak program yang disampaikan, seperti pendidikan di AS, pertukaran pelajar dan IVL. Tentang IVL sudah ada beberapa anak muda Kepri yang mendapat kesempatan berkunjung ke AS. Bahkan tahun depan, tambah Juja P.Salin, program smart city akan lebih dikedepankan.

"Jika ada para ASN yang berminat melanjutkan pendidikan di sana, ada kesempatan," ujarnya.

Nurdin saat itu, sangat menyambut baik program yang ditawarkan Kedubes AS itu, apalagi mantan Bupati Karimun ini juga pernah mengenyam pendidikan di Harvard Kennedy School di Amerika Sarikat. Karena itu, Nurdin mendorong agar anak-anak Kepri memanfaatkan kesempatan tersebut.

Editor: Udin