10 Pemerintah Provinsi Kepulauan Gelar Konfrensi di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 29-01-2018 | 12:26 WIB
konfrensi01.jpg
Pembukaan Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan digelar di Hotel Swissbell, Harbour Bay, Batuampar pada Senin (29/01/2018). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan digelar di Hotel Swissbell, Harbour Bay, Batuampar pada Senin (29/01/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Setidaknya ada 10 Provinsi Kepaulauan di Indonesia yang hadir. Diantaranya Provinsi Babel, Maluku, Maluku Utara, Riau, Sulawesi Tenggara, dan Provinsi Kapulauan Riau sebagai tuan rumah.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam kata sambutanya menyampaikan konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan sangat penting digelar dan dibahas. Dalam percepatan pembangunan Pronvisi Kepulauan di Indonesia yang merata.

"Pembahasan rancangan UU Provinsi Kepulauan sudah cukup panjang. Provinsi Kepulauan sangat membutuhkan UU dalam pemerataan pembanguan serta meningkatkan persaingan," ujar Nurdin.

Ia juga mengaku Provinsi Kepri sangat mendorong percepatan UU Kepulauan yang sampai saat ini masih dibahas. UU Kepulauan dapat meningkatkan kesehjahteraan masyarakat yang tertinggal. Baik dari aspek pembangunan infrastruktur, ekonomi maupun sumberdaya manusia.

Karena UU Kepualauan juga dapat menggerakan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan perekonomian. Untuk itu Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan sangat penting untuk digesah rancangan UU.

"Kita membutuhkan infrastruktur untuk menggerakan ekonomi, lebih besar. Sehingga dengan mengesahkan UU Kepulauan, akan memberikan porsi anggaran lebih besar untuk kita," katanya.

Sementara itu, Mentri Dalam Negri (Mendagri) yang diwakili oleh Sekjen Hadi Prabowo dalam kata sambutanya mengakui, dalam konferensi daerah berciri kepulauan diharapkan ada suatu kebijakan pada pembangnan kelautan.

"Sambil menunggu Pemerintah Pusat dalam pembahasan UU Kepulauan. Konferensi ini diharapkan bisa meletakan kebijakan pada pembangunan kelautan. Agar dapat melakukan pemerataan pembangunan, serta akan lebih baik dam memaajukan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Editor: Gokli