Peringati Hardiknas Bupaten Bintan, Roby: Pendidikan Hak Dasar Setiap Warga Negara
Oleh : Harjo
Kamis | 02-05-2024 | 18:44 WIB
Hardiknas-Bintan1.jpg
Peringatan Hari Pendidikan Nasional Kabupaten Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.XOM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan memperingati hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 dengan tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar" yang disejalankan dengan Halal bi Halal Idul Fitri 1445 Hijriah. Moment sakral bagi dunia pendidikan ini diselenggarakan di Aula Bandar Seri Bentan, Kamis (2/5/2024).

Sebagaimana diketahui, Hari Pendidikan Nasional adalah hari yang ditetapkan Pemerintah Indonesia untuk memperingati sepak terjang salah satu pahlawan nasional Ki Hajar Dewantara. Beliau lah tokoh pelopor pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa yang kemudian dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Seiring dengan peringatan Hardiknas, bulan Mei 2024 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam sambutan resminya menyampaikan harapan agar para tenaga pendidik bisa bahu-membahu dalam memajukan dunia Pendidikan di Bintan. Roby mengatakan peringatan Hardiknas ini berbicara tentang kebebasan mengekplorasi minat bakat untuk belajar dan tumbuh tanpa batas.

"Tentu bukan sekedar pembelajaran di kelas. Akan tetapi pembentukan karakter yang kemudian diiringi dengan cakrawala keilmuan yang mumpuni, itu dunia pendidikan yang kita inginkan," ungkap Roby.

Roby dengan tegas menyampaikan bahwa pendidikan adalah salah satu hak dasar bagi setiap warga negara. Hal ini selalu menjadi fokus perhatian sebab majunya suatu Daerah juga dilihat dari perkembangan dunia pendidikan sebagai salah satu indikatornya.

Samentara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau Dewi Kumalasari mengawali sambutannya dengan mengucapkan Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf lahir dan Bhatin. Berbicara tentang dunia pendidikan, Dewi mengatakan perlu sinergitas bersama dan saling berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas anak-anak melalui merdeka belajar sehingga bisa menggapai cita-cita yang sesuai minat dan bakatnya.

Dewi juga meminta kepada para Guru sebagai tenaga pendidik yang sudah diberikan kepercayaan penuh untuk bisa mengajar sekaligus menilai, kemudian melihat anak didiknya untuk menggapai cita-cita. Tidak lupa Dewi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Insan Pendidik yang telah memberikan kontribusinya, sehingga pendidikan di Provinsi Kepri saat ini dapat dikatakan sangat baik.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Penghargaaan Purna Bakti yang diberikan kepada Kepala dinas Lingkungan Hidul Afrizal Bahar dan Purna Bakti para Pegawai Tenaga Pendidik dan staf dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Bintan.

Editor: Yudha