Pilot Positif Narkoba, Penerbangan Citilink PK-GQU Batam - Kualanamu Ditunda
Oleh : Hadli
Jum\'at | 22-12-2017 | 13:26 WIB
periksa-maskapai1.jpg
Unsur FKPD Kepri saat meninjau kesiapan operasi lilin seligi 2017 dan tes urin pilot maskapai di Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pesawat Citilink dengan kode penerbangan pesawat PK-GQU tujuan Kualanamu, Sumatra Utara belum bisa diizinkan terbang untuk sementara waktu. Pasalnya, sang pilot Kristianto yang terindikasi menggunakan narkoba masih dalam pemeriksaan polisi.

"Untuk sementara tidak bisa terbang," kata Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Wijanardi usai memantau pos pengamanan operasi lilin seligi 2017 di Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (22/12/2017) siang.

Pesawat jenis Air Bus A320, PK-GQU tersebut sesuai jadwal tiba daei Palembang. Selanjutnya akan terbang ke Kualanamu pada pukul 10.20 Wib.

Bertepatan itu, Polda Kepri melakukan pengecekan urine pada pilot dan kru pesawat di Hang Nadim. Hingga dua kali dilakukan tes urine pada pilot Citilink Kristianto hasilnya tetap positif.

Kapolda menambahkan, berdasarkan pemeriksaan utine terduga terindikasi menggunakan narkoba. Untuk itu, kata dia, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

"Selanjutnya akan dilakukan tes darah. Bila terindikasi kuat akan diketahui nanti keterlibatannya apakah hanya sebagai pemakai aja. Untuk itu, masih didalami," papar Didid.

General Manager Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso mengtakan, untuk sementara waktu pesawat todak diperbolrhkan terbang. Jika dugaan itu kuat terindikasi menggunakan narkoba berdarsarkan pemeriksaan polisi, kapten pesawat akan diganti.

"Sementara tidak bisa terbang, kapten akan diganti bila terindiasi kuat dan pilot pesawat akan di ganti. Untuk sementara waktu kita tunggu hasil kesimpulan penyidik," ujarnya.

Editor: Yudha