Timpora Batam Gelar Operasi Pengawasan Kapal Penumpang di Wilayah Perbatasan
Oleh : CR-17
Rabu | 20-12-2017 | 15:14 WIB
Timpora-batam1.gif
Timpora Batam mengecek paspor penumpang warga negera asing yang akan berlayar ke Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Batam menggelar operasi pengawasan terhadap kapal penumpang dengan terjun langsung ke wilayah perbatasan.

Tim yang tergabung dari instansi Imigrasi, Polri, TNI, Kejaksaan, Bea Cukai dn an Kesehatan ini nantinya akan melakukan pengawasan di perbatasan menggunakan kapal KRI Lepu.

Kepala imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan, sasaran dari operasi ini adalah penumpang-penumpang yang ilegal, barang-barang yang diizinkan masuk, tanaman serta hewan yang diizinkan masuk sesuai dengan ketentuan. "Jumlah personil kita ini sekitar 38 orang," kata dia.

Untuk target awal, Lucky mengatakan saat ini yang akan dilakukan pengawasan adalah kapal penumpang. "Disamping itu juga nanti kita akan menyisir kapal-kapal yang lego jangkar di Perairan Batam," ungkapnya.

Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Barat TNI AL, Laksamana Pertama Bambang Irwanto mengatakan, ini adalah satu contoh upaya custom dari Imgrasi untuk bisa melaksanakan pengawasan secara terpadu bersama instansi lainnya.

"Ini adalah satu contoh, bagaimana kita mengahadapi permasalahan kemaritiman secara sinergis," ujarnya singkat.

Editor: Yudha