Inilah Kronologis Penangkapan Ribuan Hp Xiaomi oleh Lanal Batam
Oleh : Romi Candra
Rabu | 08-11-2017 | 18:02 WIB
expose-hape-xiaomi11.gif
Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, saat ekspose tangkapan ribuan ponsel xiaomi. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penangkapan ribuan handphone merk Xiaomi oleh Tim WFQR 4 Lanal Batam, berawal dari informasi yang didapat pihaknya bahwa akan ada upaya penyelundupan dari Singapura melalui perairan Batam.

Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, mengatakan, dari informasi tersebut, ia langsung memerintahkan anggotanya untuk menyisir sesuai jalur yang akan dilalui speed boat.

Kemudian, pihaknya menemukan adanya pergerakan mencurigakan di perairan Pulau Labun Belakangpadang. Sehingga, pihaknya langsung mengejar.

"Pengejaran yang dilakukan, awalnya hanya menemukan boat yang dikandaskan di pinggiran Pulau Labun. Namun boat tersebut sudah kosong dan ABK juga sudah tidak ada," lanjutnya.

Namun pihaknya tidak putus asa. Penyisiran dilakukan ke daratan, sehingga ribuan ponsel tersebut ditemukan tidak bertuan. "Ribuan ponsel itu ditemukan di dalam hutan, ditinggalkan begitu saja. Sehingga, pihaknya langsung mengamankan barang tersebut," jelasnya.

Menurut Ivong, ini merupakan modus lama dari penyelundup. Sistemnya berantai, pelaku yang membawa barang ini akan meninggalkan di lokasi yang telah ditentukan.

Kemudian, nantinya akan ada pelaku lain yang datang mengambil dan dibawa ke daerah tujuan. "Tujuannya diluar Batam. Namun Batam hanya dijadikan lokasi transit. Proses selanjutnya, barang temuan ni akan diserahkan ke pihak terkait, dalam hal ini Bea dan Cukai," pungkasnya.

Editor: Dardani