Diskusi Ahli BNN dan Lintas Instansi di Kepri

BNNP Kepri Tingkatkan Koordinasi Antar Instansi dalam Rangka P4GN
Oleh : Hadli
Jumat | 03-11-2017 | 09:16 WIB
diskusi-Ahli-BNN.jpg
Pertemuan Kelompok Ahli BNN bersama BNNP Kepri dan lintas instansi (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Kelompok Ahli BNN berkunjung ke kantor BNNP Kepri di Batubesar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Rabu (01/11/2017). Pertemuan itu mendiskuaikan tentang P4GN dalam rangka pengumpulan dan pengolahan data untuk penyusunan saran dan masukan Kelompok Ahli BNN.

Disambut Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Nixon Manurung, tim ahli yang datang di antaranya, Koordinator Kelompok Ahli BNN Drs Ahwil Luton SH MBA MA, anggota Kelompok Ahli BNN bidang Pencegahan dan IT Yappi Willem Manafe SH, dan anggota Kelompok Ahli BNN bidang Rehab Dr Kusman Suriakusumah Sp Kj MPH.

Diskusi juga dihadiri pihak Bea dan Cukai, Imigrasi, Lapas, BP Batam, KPLP, Polda Kepri, BKD Prov Kepri, jajaran BNNK, Loka Rehab dan Civitas Akademika serta para personel BNN.

Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Nixon Manurung, mengatakan, pertemuan tersebut menyepakati beberapa hal. Pertama, saling koordinasi antar instansi dan meningkatkan peran serta dalam rangka P4GN di lingkungan masing-masing.

"Juga pentingnya peran keluarga dalam pencegahan perilaku penyalahgunaan narkoba," terangnya.

Selain itu, tambahnya, akan diterapkan screening test rutin berkala untuk meningkatkan efek jera dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Meningkatkan produktivitas mantan pecandu narkoba dengan dilibatkan dalam berbagai kegiatan di masyarakat atau komunitas.

"Terakhir yang ke empat, memastikan para mantan pecandu untuk tetap drug free, crime free, produktif dan hidup kreatif dengan tetap berinteraksi, silaturahmi dan beribadah," tuturnya.

Editor: Udin