Pemkab Anambas Optimis Transportasi Rutin Beroperasi untuk Akomodir Pemudik
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 29-05-2017 | 19:50 WIB
KM-Bukit-Raya-di-Anambas1.jpg
KM Bukit Raya (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas optimis, transportasi menjelang lebaran dapat mengakomodir pemudik. Sebab, Pemerintah telah menyurati pengelola transportasi dari dan menuju Anambas agar tetap beroperasi dan melayani rute ke Anambas.

"Kami sudah menyurati pengelola Pelni agar rute KM Bukit Raya tidak berubah dan tetap beroperasi ke Anambas. Sedangkan fery cepat dan transportasi udara (Express Air dan Susy Air) juga sudah kami surati. Prinsipnya mereka tetap membantu lonjakan penumpang yang ingin mudik," kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Senin (29/5/2017).

Wan mengakui, kebutuhan transportasi menjelang lebaran harus diantisipasi. Hal tersebut sebagai pembelajaran dari pengalaman sebelumnya, di mana tidak semua pemudik tercover ketika menjelang lebaran.

"Kita tidak ingin kejadian tahun lalu terjadi lagi tahun ini. Untuk itu kami meminta bantuan dari pengelola transportasi agar rutin melayani rute ke Anambas," jelasnya.

Hal ini mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas yang sebelumnya meminta Pemkab Anambas sigap terhadap transportasi menjelang lebaran. Apalagi melihat letak geografis Anambas yang berada di perbatasan.

"Kita paham bagaimana daerah ini, apalagi rentang kendalinya. Tetapi ini harus ada solusinya. Jangan sampai kejadian tahun lalu terjadi lagi di tahun ini. Seharusnya ada evaluasi dan ada langkah agar transportasi tidak dialihkan. Kalau bisa transportasi harus bertambah menjelang lebaran. Karena menjelang lebaran selalu ada lonjakan penumpang," kata Sekretaris Komisi III DPRD, Ayub.

Editor: Udin