DPRD Anambas Gerah Serapan Anggaran Hingga Triwulan II Masih Rendah
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 28-05-2017 | 19:15 WIB
Gedung-DPRD-Anambas1.gif
Gedung DPRD Anambas

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas gerah terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas. Pasalnya, serapan anggaran yang dilakukan Pemkab Anambas sangat rendah hingga triwulan II 2017.

"Hingga akhir Mei ini, proyek prioritas Pemkab Anambas belum ada yang lelang. Padahal proyek itu bernilai besar. Ini akan berpengaruh terhadap keuangan daerah baik pada APBD-Perubahan maupun pada APBD tahun akan datang," kata Yusli YS, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Minggu (28/5/2017).

Yusli menambahkan, selain mempengaruhi keuangan daerah, lambatnya kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga menghambat jalannya visi-misi Bupati dan Wakil Bupati. Meski demikian, pihaknya akan segera memanggil OPD teknis, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan.

"Rata-rata proyek ada pada Dinas PU dan Dishub. Ini harus digenjot, kami tak boleh diam. Untuk menggenjot itu kami akan panggil OPD teknis, kira-kira apa kendalanya sehingga selama ini proyek tidak dilelang dan tidak dikerjakan,"jelasnya.

Dia juga menyinggung, lambannya kinerja OPD juga akan merugikan masyarakat dan pemerintah. Pasalnya pembangunan untuk masyarakat belum ada terealisasi.

"Bupati dan Wakil Bupati baru ini menjalankan program, dimana Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2016 masih melanjutkan program tahun 2015. Ini yang akan merugikan? masyarakat, beberapa program prioritas Bupati tidak berjalan. Bahkan pembangunan hasil reses DPRD juga belum terealisasi, sementara masyarakat sudah berharap pembangunan terealisasi. Jangan gara-gara OPD semua elemen dirugikan, kita tidak mau itu. Kalau tak bisa bekerja, segera evaluasi bila perlu diganti,"ujarnya mengakhiri.

Editor: Surya