Pemkab Anambas Dapat Kucuran Dana dari Pemerintah Pusat untuk Bangun Pelabuhan
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 25-05-2017 | 18:14 WIB
Pelabuhan-Berhala-Letung.gif
Pemerintah kucurkan Rp19 miliar untuk pembangunan lanjutan Pelabuhan Berhala, Letung, Jemaja (Sumber foto: topsy.one)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat kucuran dana dari Kementerian Perhubungan berkisar Rp27 miliar. Dana tersebut untuk menyelesaikan Pelabuhan Berhala Letung, Jemaja Rp19 miliar dan pembangunan Pelabuhan Roro, Palmatak Rp8 miliar.

"Dana itu di luar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Itu dari Kemenhub untuk pembangunan lanjutan Pelabuhan Berhala dan pembangunan Pelabuhan Roro," ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman, Kamis (25/5/2017).

Nurman mengakui,? retribusi pelabuhan tersebut nantinya akan disetor langsung ke Pemerintah Pusat dan semua biaya perawatan juga akan ditanggung Pemerintah Pusat.

"Itu nantinya menjadi aset Pusat, bukan aset Daerah. Kecuali dihibahkan ke Daerah, baru bisa kita nikmati hasilnya. Tetapi itu juga kita harus berterima kasih, karena ada perhatian Pemerintah Pusat untuk membangun daerah," jelasnya.

Dia juga ingin mengklarifikasi atas ucapan Badan Perbatasan, yakni Anambas mendapat kucuran dana sebesar Rp48 Miliar. "Yang diucapkan Badan Perbatasan itu salah, anggaran real yang kami dapat hanya Rp27 miliar dari Pemerintah Pusat," tegasnya.

Editor: Udin