Sanitasi Pengaruhi Kesehatan, Pemkab Anambas MoU dengan Kementerian PUPR
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 24-05-2017 | 16:50 WIB
Wabup-Anambas-Wan-Zuhendra.gif
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengakui pentingnya sanitasi bagi masyarakat yang berada di daerah kepulauan.? Pasalnya hingga saat ini Anambas belum memiliki pengelolaan air limbah, sistem pengelolaan sampah, drainase dan pengelolaan kotoran manusia yang layak.

"Alhamdulillah, kami baru selesai MoU dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Bali. Pada intinya, Pemerintah Pusat meminta dukungan Pemerintah Daerah untuk membangun sanitasi di setiap daerah? dan daerah yang menyediakan konsep," kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Rabu (24/5/2017).

Wan menambahkan, sanitasi berhubungan erat dengan kesehatan. Sarana dan prasarana sanitasi yang tidak cukup, dapat berpengaruh pada penyebaran penyakit.

"Saat ini masyarakat Anambas? membutuhkan penampungan, pengangkutan, pengolahan, pembuangan atau penggunaan kembali sampah ataupun limbah," terangnya.

Apalagi, lanjut Wan, Anambas sedang fokus untuk mengembangkan pariwisata. Menurutnya wisatawan akan merasa nyaman bila rumah warga tertata rapi dan bersih.

"Anambas dikenal dengan pariwisatanya, kami harus berupaya menata kota dan kebersihan lingkungan. Kami juga berkonsultasi dengan Kementrian PUPR terkait tata kota. Intinya tetap daerah yang menyediakan konsep," ujarnya mengakhiri.?
?
?Editor: Udin
?