Jelang Ramdhan, Harga Sembako di Tarempa Masih Normal
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 16-05-2017 | 12:38 WIB
sembako-anambas1.gif
Pedagang di Pasar Tradisional Tarempa sedang melayani pembeli. (Foto: Alfred)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Harga komoditi di Pasar Tradisional Tarempa, Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas masih normal menjelang bulan Ramadhan. Hal ini didukung cuaca bersahabat dan transportasi laut sesuai jadwal.

Hamzah, salah satu pedagang menguraikan, harga eceran bawang merah Rp 28 ribu per kilogram, bawang putih Rp 60 ribu per kilogram, tomat Rp 20 ribu per kilogram, cabe rawit Rp 60 ribu per kilogram, dan cabe merah dikisaran Rp 65 ribu per kilogram.

"Saat ini harga bumbu dapur masih normal dan stok barang juga masih aman terkendali selagi transportasi masih lancar. Kami pedagang hanya bergantung kepada transportasi laut. Kalau transportasi macet, maka barang semakin langka dan hargapun ikut melonjak tinggi," kata Hamzah, Selasa (16/5/2017).

Dia menerangkan, untuk biaya angkut barang menggunakan fery yang berasal dari Tanjungpinang, Rp 5 ribu per kilogram. Menurutnya, hal tersebut membuat harga barang pokok di Anambas kerap tinggi.

"Iya, harga barang pokok ini mahal di ongkos. Karena kami selalu belanja ke Tanjungpinang dan ongkos kami sendiri yang tanggung. Kecuali kapal perintis, menanggung biaya angkut rame-rame dan harga tidak begitu tinggi. Kami juga bedakan barang yang dari perintis dan menggunakan fery," terangnya.

Sementara, Arya menerangkan harga daging ayam beku Rp 33 ribu perkilogram, harga daging sapi Rp 100 ribu perkilogram, dan harga beras ramos Rp 13 ribu perkilogram. "Harga ini juga masih normal, dan stok barang masih aman hingga puasa," ujarnya.

Editor: Yudha