Festival Padang Melang di Anambas

Nurdin Basirun Sang Gubernur Penghibur
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 15-05-2017 | 08:00 WIB
nurdin-joget1.jpg
Nurdin Basirun saat berjoged bersama dengan masyarakat di Letung Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

JIWA petualang seorang Nurdin Basirun tak luntur sedikit pun. Membelah lautan dan menantang ombak, berkali-kali dia lakukan. Meski saat dirinya telah menjadi orang nomor satu di Provinsi Kepri. Liputan wartawan BATAMTODAY.COM di Anambas, Fredy Silalahi ini buktinya.

Berlayar dari Tanjungpinang menuju Letung, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Kepri Nurdin Basirun tak mempedulikan cuaca yang kerap tak menentu. Sebentar panas, sebentar hujan, belum lagi angin kencang yang mengancam kapal carteran yang ditumpanginya.

Tapi, demi bisa bertemu dengan warga Letung dan menghadiri Festival Padang Melang, semua rintangan itu tak berarti bagi Nurdin. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau ini, bersama rombongan, akhirnya tiba di Letung, Sabtu (13/5/2017) pukul 09:30 WIB.

Mereka pun langsung bergegas menuju Pantai Padang Melang untuk bergembira bersama masyarakat Letung di acara Festival Padang Melang.

"Kami belum sarapan selama berlayar dari Tanjungpinang ke Letung ini. Nasi dogong yang disediakan ini memang sedap sangat, ditambah pula ada ikan segar. Sudah tenanglah perasaan ini," ujar Nurdin Basirun setelah menyantap nasi dogong, makanan khas Anambas.

Di Pantai Padang Melang Gubernur Nurdin, Bupati Anambas Abdul Haris dan Wakil Bupati Wan Zuhendra melepas tukik, anak penyu 4.109 ekor. Tak hanya itu, Nurdin juga mengayuh kano sejauh 20 meter dari pantai. Menariknya lagi, karena kagum melihat keindahan alam dan kejernihan laut Anambas, dari atas kano Nurdin pun langsung nyebur ke laut.

Melihat aksi Gubernur Kepri itu, Bupati dan Wakil Bupati Anambas juga ikut berenang bersama Gubernur. Bahkan, anak-anak yang ada di pantai tersebut berebut mengerubungi Gubernur untuk bersalaman hangat.

"Kami berangkat pukul 2 subuh dari Pinang. Satu pun kami belum ada mandi. Ditambah lagi kekaguman saya terhadap laut Anambas yang bersih, menarik hati saya untuk berenang. Semput (sesak) tetapi saya puas, saya menikmati kejernihan air ini. Tetap jaga kebersihan air ini dan jangan merusak karang," tuturnya.

Belum puas dengan nyebur ke laut, Nurin juga bergurau sambil bercengkerama dengan masyarakat. Suasana Festival Padang Melang ini pun semakin hangat, karena semua pengunjung merapat menuju pentas. Penasaran pengunjung bukan karena bergurau, namun karena Gubernur Kepri itu tiba-tiba beralih profesi menjadi "sang penghibur". Dia bernyanyi sambil berjoget, bersama masyarakat.

"Kalau Pemimpin Melayu ya seperti ini lah dia. Ngomong cetus aja. Tapi tak usah khawatir, kita berjoget dulu, biar saya yang bernyanyi. Saya tak suka amat acara seremonial," katanya yang disambut pengunjung bersorak sambil bertepuk tangan.

Usai sukses menghibur masyarakat, Nurdin kembali menuju pantai untuk berenang dan menyapa kembali para generasi penerus bangsa yang masih tetap berenang. Sebelum memasuki istrahat siang, dia juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga kelestarian alam Anambas.

"Saya dan adek saya ini (Bupati Anambas Abdul Haris) tetap ingin membangun daerah ini. Kami siap membantu mengembangkan pariwisata Anambas ini," tegas Nurdin Basirun.

Editor: Dardani