Resmikan Desa Wisata, Bupati Anambas Minta Masyarakat Lestarikan Alam
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 13-05-2017 | 08:50 WIB
desawisataanambas1.jpg
Haris mengukuhkan pengurus Desa Wisata Landak, Kecamatan Jemaja yang diketuai oleh Suheimi. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepualaun Anambas Abdul Haris meminta seluruh masyarakat desa wisata untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam. Karena kebersihan dan kelestarian alam modal utama meningkatkan pariwisata.

Hal itu Abdul Haris saat meresmikan Desa Landak, Kecamatan Jemaja menjadi desa wisata, Jumat (12/5/2017). "Kita harus memandang ke depan, mau dibawa kemana Anambas ini. Potensi alam sudah ada, tinggal peran kita untuk memberdayakan alam," ujarnya.

Kalau alam kita rusak, lanjut Abdul Haris, berarti anak cucu kita nanti akan merasakan dampaknya. Jadi kita dituntut menjaga kelestarian alam. Kita harus mensyukuri, karena kita diberikan alam yang indah.

Bupati Anambas itu juga mengibaratkan, membangun pariwisata bagaikan merawat anak gadis yang beranjak dewasa. Menurutnya harus dirawat dan disolek agar kelihatan molek.

"Jadi pengembangan pariwisata membutuhkan waktu dan proses, tidak secepat membalikkan telapak tangan. Ibaratkan anak gadis yang beranjak dewasa, harus disolek biar cantik. Begitulah pariwisata, pelan-pelan harus dihias, pasti akan kelihatan perubahannya," jelasnya.

Abdul Haris juga berharap seluruh masyarakat berperan aktif menjaga keindahan alam, dan meningkatkan kreatifitas masyarakat. Kita harus mengemas alam ini. Kita harus bangun bersama, untuk meningkatkan pariwisata Anambas ini. Sebentar lagi Bandara Letung akan beroperasi, mudah-mudahan kalau boeing turun maka pariwisata akan makin berkembang. Jadi masyarakat harus bersiap untuk menerima kedatangan beragam wisatawan. Tolong jaga keamanan dan kenyamanan daerah ini, dan biasakan ramah menyambut wisatawan.

Sementara itu, Camat Jemaja, Abdulah Sani menambahkan, masyarakat harus dapat menjaga benda sejarah yang berada di Gunung Datuk dan Makam Letak Bate.

"Selain wisata bahari, Landak juga memiliki wisata sejarah. Ini harus dijaga, jangan sampai nilai sejarah itu hilang. Dan jaga kelestarian terumbu karang, jangan menggunakan potasium lagi untuk menangkap ikan," ujar Abdullah Sani.

Adapun destinasi unggulan di Desa Landak adalah Pasir Panjang, Makam Letak Bate, Gunung Datuk, Air Buluh Perindu, Terumbu Karang, Sunset, dan Pulau Ipan.

Editor: Dardani