Pembinaan Ormas dan LSM di Anambas Masih Minim
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 25-04-2017 | 13:26 WIB
rakor1.jpg

Rapat Kordinasi Ormas dan LSM di Kabupaten Anambas pada Selasa (25/4/2017). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepedulian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Kabupaten Kepulauan Anambas terhadap kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah, masih lemah. Pasalnya LSM maupun Ormas Anambas minim aktifitas.

"LSM dan Ormas Anambas ini sangat baik kepada Pemerintah Daerah. Kalau di kabupaten/kota lain, LSM sibuk menyuarakan aspirasinya dan mengcover kebutuhan masyarakat," ujar Jhon, ketika mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) LSM dan Ormas dengan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbangpol PDB), di Gedung Rapat, Jalan Takari, Desa Tanjung, Kecamatan Siantan, Selasa (25/4/2017).

Sementara, Perwakilan Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Anambas, Asril Masbah mengatakan, LSM dan Ormas juga membutuhkan pembinaan dari Pemerintah Daerah. Menurutnya, adanya Rakor tersebut merupakan awal yang baik bagi LSM maupun Ormas.

"Ini awal yang baik dan spirit baru bagi LSM dan Ormas. Namun sejauh manakah Pemda membuka ruang terhadap LSM dan Ormas dalam melibatkan pembangunan daerah ini? Sementara hingga saat ini belum ada pembinaan dari Pemda. Menurut kami pembinaan dari Pemda masih lemah," jelas Asril.

Asril berharap, Pemda jangan setengah hati melakukan pembinaan terhadap LSM dan Ormas untuk melakukan kegiatan sosial. "Daerah kita tidak terlalu luas, dan LSM dan Ormas Anambas ini bukan besar-besar sangat. Bagi kami, Pemda tidak terlalu dibebankanlah untuk melakukan pembinaan terhadap LSM dan Ormas," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bakesbangpol dan PDB Kabupaten Kepulauan Anambas, Chairul Syahadat mengapresiasi usulan pimpinan LSM maupun Ormas tersebut. Dia mengakui, pembinaan terhadap Ormas masih minim, dan salah satu kendalanya yaitu anggaran Pemda yang defisit.

"Memang ada Alokasi Hibah untuk Ormas dan LSM, namun tidak semua tercover. Ini memang rapat perdana dengan Ormas dan LSM, yakinlah ini niat baik kami untuk menjalin hubungan yang baik dengan Ormas dan LSM. Meski demikian, kami harap teman-teman Ormas dan LSM jangan patah semangat untuk membantu Pemerintah Daerah untuk membangun daerah ini," jelasnya.

Dia menerangkan, saat ini Pemerintah Pusat membuka celah untuk melakukan pembinaan terhadap Ormas dan LSM. Pihaknya siap memfasilitasi Ormas dan LSM untuk mendapatkan anggaran pembinaan tersebut.

"Kalau dari APBD Anambas, bisa kita upayakan pada APBD Perubahan nanti. Tetapi saat ini ada surat edaran dari Pemerintah Pusat untuk melakukan pembinaan Ormas dan LSM. Kami harap teman-teman bisa mengejar ini. Tetapi syaratnya harus sudah terdaftar di Pemda atau memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Dan upayakan kegiatan Ormas untuk membangun daerah ini," tegasnya.

"Kita tinggal disini, berarti kita Pribumi sini. Jangan menganggap ada perbedaan. Tetapi marilah kita sama-sama membangun daerah ini. Ini tempat tinggal kita," pungkasnya.‎

Editor: Yudha