Koramil Tarempa, Letung dan Palmatak Rekrut Calon Prajurit
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 29-07-2016 | 19:02 WIB
Bintara.jpg

Ilustrasi penerimaan Bintara TNI AD (Sumber foto: www.infoonline.web.id)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komando Rayon Militer (Koramil) 02 Tarempa, Kodim 0318 Natuna, membuka pendaftaran perekrutan taruna Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) khusus Bintara (Caba).

"Pendaftaran dimulai dari 3 Juli hingga 20 Agustus mendatang. Sejauh ini, sudah 11 orang mendaftar. Yakni 4 dari Tarempa, Kecamatan Siantan, 5 dari Palmatak dan 2 dari Letung, Kecamatan Jemaja,"‎ ujar Kapten Inf Syamsuwarno, Danramil Tarempa, Jumat (29/7/2016).

Syam menambahkan, pihaknya sudah memberikan pembekalan kepada 11 taruna/taruni, baik untuk perlengkapan administrasi dan materi.

"Pembekalan yang kita lakukan, untuk persiapan mereka seleksi nanti. Prajurit untuk di Kepulauan sangat diprioritaskan, berbeda dengan daratan. Kalau diadu, kita pasti kalah saing. Untuk itu kita beri pembekalan dari sini sebelum dikirim ke Kodim Natuna. Kita juga sudah mengirim administrasi ke Natuna untuk dicek bagian mana yang belum tepat, agar tiba seleksi nanti tidak ada lagi yang ketinggalan," terangnya.

Syam menerangkan, pihaknya tidak ingin jatuh pada lobang yang sama, dan kalah sebelum berperangseperti tahun lalu.

"Tahun lalu pada tahap pemeriksaan administrasi sudah gagal,‎ karena kemarin buru-buru. Waktu itu, calon prajurit anggap sepele untuk melengkapi administrasi, ketika ada yang tertinggal tidak punya waktu lagi kembali ke Anambas, karena rentang waktu dan transportasi dari Natuna dan Anambas sangat jauh, sementara transportasi tidak menentu jadwalnya. Jadi saat ini sudah kita persiapkan, baik administrasi, materi, kesehatan dan mental," tegasnya.

Syam mengatakan, ketika pendaftaran berakhir, calon taruna-taruni akan dikirim ke Kodim Natuna untuk seleksi dan akan dikirim ke Korem Tanjungpinang untuk penentuan lolos atau tidaknya.

Editor: Udin