Jika Anambas Ingin Maju, Perhatikan Pesan Muhammad Zen...
Oleh : Alfredi Silalahi
Selasa | 10-05-2016 | 12:58 WIB
zen-musrenbang-anambas.jpg

Ketua Umum BP2KKA, Prof Muhammad Zen‎ memberikan masukan dalam Musrenbang Anambas 2016. (Foto: Alfredi Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) tahun 2016-2021 dengan Tema Kepulauan Anambas Sebagai Kabupaten Maritim Terdepan yang Berdaya Saing, Maju dan Berakhlakulkarimah (Anambas Bermadah 2021), resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas. Dalam acara tersebut, Bupati mendapatkan nasehat tegas dari Ketua Umum BP2KKA, Prof Muhammad Zen‎.

Zen menegaskan agar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas segera bergegas untuk menyiapkan air bersih, yang merupakan kebutuhan primer masyarakat. Walaupun hujan beberapa hari terkahir‎ turun, namun air tetap sulit untuk didapatkan.

"Air ini adalah kebutuhan setiap orang, mari Pemerintah harus berbuat segala ‎cara, agar air ini bisa lancar kembali. Sudah lima tahun, Anambas mekar, namun tidak ada kemajuan," katanya, Selasa(10/05/2016).

Tidak hanya air, lanjut Zen, sebuah Kota/Kabupaten masih merasakan kesulitan transportasi laut dan udara.‎ Transportasi juga sebagai faktor pendukung untuk majunya sektor pariwisata dan perikanan. Dengan harapan Pemkab dapat membangun kerja sama dengan daerah lain, untuk meningkatkan tali persaudaraan.

"Kalau ada orang sakit, gimana mau berobat keluar, sementara kita belum memiliki rumah sakit yang memadai. Kesehatan juga perlu ditingkatkan. Untuk itu, sangat disayangkan kita memiliki pulau pulau terindah di Asia Tenggara ini, bagaimana meningkatkan pariwisata bila, transportasi kita macet," tegasnya.

Dia juga berpesan,Pemkab Anambas dapat bekerja untuk membangun kepentingan masyarakat, bukan kepentingan pribadi. "Marilah bekerja dari hati nurani jangan mementingkan diri sendiri. Demi kesejahteraan masyarakat kita juga nantinya," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam pidatonya mengatakan, visi dan misinya adalah menyediakan air bersih, listrik dan transportasi. Maka dari itu pihaknya berharap seluruh instansi dapat bekerjasama untuk menjalan visi misi ‎tersebut.

"Air ini memiliki penyerapan dan penyanggahan, penyangganya itu adalah pepohonan. Maka dari itu kami mengimbau, agar instansi terkait beserta aparatur desa dapat mengawasi hutan kita supaya kita dapat menikmati air bersih. Kita juga berupaya untuk meningkatkan visi misi itu, kami mohon dukungan juga dari masyarakat, agar itu bisa tercapai," tegasnya.‎

Editor: Dodo