11 Proyek Multiyears Jadi Sorotan DPRD Anambas
Oleh : Alfredi Silalahi
Jum'at | 06-05-2016 | 12:48 WIB
proyek-waterfront-anambas.jpg

Proyek Water Front City di Anambas, salah satu proyek yang menjadi sorotan legislatif setempat. (Fto: Alfredi Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan tinjauan ke lapangan menyikapi Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati tahun anggaran 2015. Legislatif menyoroti sebelas proyek multiyears di kabupaten tersebut.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPj, Muhamad Dai mengatakan, sejumlah proyek multiyears aka menjadi target utama seperti proyek Sistem Pengelola Air Minum(SPAM) yang menelan anggaran mencapai Rp 28 miliar, serta Water Front City yang di atasnya dibangun RSUD serta gedung olahraga.

"Yang akan kita tinjau yakni ada 11 paket multiyears yang menghabiskan anggaran berkisar Rp319 miliar. Dan untuk proyek tahun tunggal seperti pembangunan Puskesmas Pembantu," katanya, Jumat (6/5/2016).

‎Dia menambahkan, sebelum turun ke lapangan, pihaknya terlebih dahulu memanggil dinas terkait yang berhubungan dengan proyek tersebut. Apabila, tidak sesuai dengan fakta di lapangan, dinas terkait akan diminta untuk klarifikasi.

"Kita akan memanggil dinas terkait dulu, sebelum turun ke lapangan, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pariwisata. Jika tidak sesuai dengan hasil dilapangan,maka akan disampaikan dalam rekomendasi paripurna DPRD," tegasnya.

Sementara itu, salah satu anggota Pansus LKPj, Rocky H Sinaga,mengatakan hal utama yang akan ditinjau yakni proyek SPAM, yang aliran airnya sangat tidak sesuai dan sangat memprihatinkan.

"Kondisi air untuk masyarakat sangat memprihatinkan,ini yang menjadi fokus dan perhatian anggota dewan. Dimana air bersih termasuk visi misi Bupati," ujarnya.‎

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, pihaknya akan meninjau proyek multiyears tersebut selama enam hari, yang dimulai melihat proyek air bersih dan pengaspalan jalan menuju Temburun serta Air Bini. Pihaknya akan mengecek langsung apakah realisasi fisik sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan.

"Kita akan mulai dari proyek air lalu menuju ke Siantan Timur dan Siantan Selatan. Kita akan targetkan, Paripurna nanti sebelum berakhirnya masa kerja Pansus LKPj, dengan masa kerja selama 30 hari," terangnya.‎

Anggoata Pansus sendiri beranggotakan antara lain yakni M.Dai (PAN), Yusli (PDIP), Firman Edy (PBB), Mulyadi (Hanura), Ayub (PPP), Syafrilis (Demokrat) dan terakhir Rocky H. Sinaga (Partai Golkar).

Editor: Dodo