Semangat Kartini Harus Dibentuk Sejak Dini di Kalangan Anak
Oleh : Alfredi Silalahi
Kamis | 05-05-2016 | 11:25 WIB
kartini-anambas.jpg

Penampilan Nabila dalam peringatan Hari Kartini di Anambas. (Foto: Alfredi Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Memperingati Hari Kartini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, mengadakan acara lomba kebaya tingkat Taman Kanak-kanak(TK) hingga Sekolah Dasar(SD) di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Rabu (4/5/2016). Hal ini menggambarkan betapa pentingnya peran wanita di Indonesia, khususnya Anambas. 

Salah satu kontestan dari tingkat TK, Nabila (6) yang mengenakan budaya khas wanita Indonesia, dengan motif batik, terlihat percaya diri mengitari panggung dan sesekali memberikan salam kepada para pejabat yang hadir.

Ayu, ibunda Nabila saat ditemui usai berpose, mengatakan, anaknya telah terlatih sebelum mengikuti lomba tersebut. Persiapan itu pun telah dikemas selama dua minggu. Menurutnya tujuan lomba tersebut adalah untuk meningkatkan dan membentuk mental anak.

"Sebagai orang tua, pasti bangga melihat penampilan anak tercintanya. Lomba ini memang telah direncanakan dari kemarin-kemarin, seiring dengan memperingati Hari Kartini. Acara itu, pasti mempengaruhi anak, karena melatih kepercayaan dirinya, itulah saya rasa tujuan diadakannya lomba ini. Mengingat begitu pentingnya peran seorang wanita,dan memperingati Tokoh Wanita, Ibu Kartini," terangnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, ‎mengagumi penampilan anak-anak tersebut. Menurutnya kegiatan positif tersebut,adalah cara membentuk dan mendidik mental anak serta mengembangkan bakat para wanita Anambas.

"Banyak cara positif untuk memperingati Hari Kartini. Itu tadi contoh yang sangat baik terhadap mental anak-anak,mereka berani tampil dihadapan banyak orang. Demikian juga melambangkan keberanian dan semangat Ibu Kartini,dan itu harus dimulai sejak dini. Agar kebudayaan juga tidak memudar," tegasnya.‎

Editor: Dodo