Pdt Anju Ramos Pasaribu Ajak Jemaat HKBP Ranai Senantiasa Menyenangkan Hati Tuhan
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 25-09-2023 | 08:04 WIB
AR-BTD-5019-Jemaat-HKBP-Ranai.jpg
Pdt Anju Ramos Pasaribu didampingi Parhalado menyambut jemaat untuk menyerahkan hasil panen. (Foto: Fredy Silalahi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Jemaat HKBP Ranai Natuna merayakan Pesta Gotilon atau tradisi perayaan pasca panen. Ini adalah ekspresi rasa syukur jemaat HKBP Ranai atas berkat Allah atas seluruh pekerjaan dengan membawa hasil panen masing-masing, baik itu berupa buah, sayur, maupun berbentuk materi. Pesta Gotilon HKBP Ranai juga bertepatan dengan perayaan 'Season of Creation' atau 'Masa Penciptaan' Tahun 2023.

"Bersamaan dengan perayaan masa Penciptaan, HKBP Ranai merayakan penyertaan Tuhan dan mensyukuri berkat Allah atas seluruh pekerjaan umat melalui Pesta Gotilon. Pada kedua perayaan tersebut, seluruh jemaat HKBP bersukacita yang diperlihatkan dengan pemberian persembahan buah pekerjaan mereka masing-masing. Jemaat memberikan persembahan mereka dalam bentuk silua dan celengan yang diisi sejak celengan tersebut dibagikan di awal Tahun 2023 ke masing-masing keluarga atau jemaat secara pribadi," papar Pimpinan Jemaat HKBP Ranai, Pdt Anju Ramos Pasaribu, Minggu (24/9/2023).

Pdt Anju Ramos Pasaribu, sebagai pengkhotbah pada ibadah Minggu tersebut memperluas pandangan jemaat tentang memberikan persembahan kepada Tuhan. Dia mengajak jemaat merenungkan perayaan masa penciptaan dan pesta gotilon berdasarkan Firman Tuhan yang tertuang pada Kejadian 8:15-22. Berdasarkan firman tersebut, Pdt Anju mengajak jemaat memandang bahwa persembahan yang lebih besar selain dalam bentuk silua atau celengan atau materi adalah membuat diri sendiri hidup hanya untuk menyenangkan hati Tuhan.

"Karena bertepatan dengan perayaan masa penciptaan maka pekerjaan yang menyenangkan hati Tuhan itu adalah segala bentuk usaha melestarikan alam, menjaga lingkungan hidup. Kami mengajak jemaat agar menyadari bahwa beberapa puluh tahun ke depan anak-anak juga harus bisa melihat hewan yang kita lihat sekarang dan melihat tumbuhan yang kita lihat sekarang. Tidak boleh ada lagi kepunahan mahkluk hidup. Selain itu, jika kita menyenangkan hati Tuhan dengan menjaga alam maka kita juga yang menerima dampaknya yaitu hidup sehat jauh dari bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia. Alam yang yang sehat akan memberikan manusia kehidupan yang lebih baik," tegas Anju Ramos ketika menyampaikan Firman Tuhan.

Dari perayaan ini diharapkan seluruh warga HKBP diharapkan memiliki pandangan yang baru tentang relasinya dengan ciptaan lain (alam, hewan dan tumbuh-tumbuhan). HKBP berharap melalui perayaan Season of Creation, hati dan pikiran manusia disegarkan kembaliakan kesadaran akan tanggung jawab ekologis.

"Biarlah juga anak-anak dan remaja-pemuda sejak dini dididik agar memiliki gaya hidup yang peduli pada lingkungan. Sebab, tidak ada masa depan jika bumi yang kita cintai ini semakin rusak dan hancur. HKBP Ranai Natuna adalah salah satu jemaat HKBP yang ikut merayakan 'Masa Penciptaan'," serunya.

Adapun rangkaian kegiatan Pesta Gotilon Ranai Natuna, yang berlokasi di Jl Batu Sisir, yaitu dimulai dengan Ibadah Minggu, penyerahan hasil panen, lelang, makan bersama, tor-tor dan berbagai kegiatan hiburan.

Editor: Dardani