Sang Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Ujung Utara Perbatasan NKRI
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 18-08-2021 | 09:32 WIB
sang-merah-putih1.jpg
pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman laut Anambas. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Lanal Tarempa bersama FKPD dan Komunitas Napoleon Anambas Dive Centre gelar Upacara di Dasar Laut.

Upacara dilaksanakan 13:00 - 13:40 Wib,Selasa tanggal 17 Agustus 2021, di Perairan Pulau Baruk, tepatnya pada posisi 03°22'.400" Lintang Utara dan 106°15'.841" Bujur Timur pada kedalaman 6 - 8 meter.

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf. Sebelumnya di lapangan apel Lanal Tarempa terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama, pemotongan nasi tumpeng, cek kesehatan, tes swab antigen, kemudian setelah dipastikan seluruh peserta dan pendukung dalam kondisi baik, langsung berangkat menuju lokasi upacara menggunakan KAL Pulau Siantan I-4-52.

Seluruh rangkaian Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut dilaksanakan dengan khidmat, selama lebih kurang 40 menit, mulai dari persiapan pasukan, penggerek bendera memasuki tempat upacara, pengibaran bendera dan penghormatan.

Setelah selesai penghormatan, upacara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama, peserta upacara berjumlah 25 orang gabungan dari TNI, Polri, Pemda dan komunitas penyelam, terbagi menjadi dua pasukan yaitu pasukan 17 dan pasukan 8, melambangkan tanggal 17 dan bulan 8 atau Agustus.

Komandan Lanal Tarempa dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi baik secara langsug sebagai peserta maupun tidak langsung sebagai pendukung atas terselenggaranya upacara pengibaran bendera di bawah laut berjalan lancar dan sukses.

"Tidak lain dan tidak bukan, adalah merupakan salah satu wujud dari kecintaan dan pengabdian kita kepada negara tercinta NKRI, di tengah masa pandemi covid-19, kita masih berupaya dan terbukti mampu memberikan yang terbaik kepada bangsa dengan cara memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia walaupun kegiatan ini teramat jauh apabila dibandingkan dengan jasa para Pahlawan pendahulu kita dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini, mereka sanggup mengorbankan harta, darah, keluarga bahkan nyawa sekalipun, namun mereka tidak pernah merasakan hasil perjuangan mereka seperti apa yang kita rasakan saat ini," jelas Yovan.

"Setidaknya kegiatan ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat yang menyaksikan serta sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk meneruskan cita-cita luhur para Pahlawan, dengan semangat Patriot sejati, kita harus tunjukkan bahwa kita mampu berbuat, meskipun dihadapkan dengan segala keterbatasan kita di Anambas ini, asalkan kita tetap menjalin dan menjaga sinergitas kita, saya yakin kita bisa berbuat apa saja, demi kemajuan Kabupaten Kepulauan Anambas," tegasnya lagi.

Selain itu, Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Saya sangat bangga karena secara langsung bisa ikut serta dalam acara pengibaran bendera di dalam laut, saya berterimakasih atas terselenggaranya acara ini, semoga acara ini dapat menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas semakin dikenal di khalayak umum, sehingga mereka tahu bahwa ada Kabupaten di perbatasan yang menjadi cerminan sebagai penjaga perbatasan, kami bersama FKPD, siap menjaga perbatasan, NKRI harga mati," ucap Sahtiar.

Komandan Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Matak, Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin menambahkan bahwa sinergitas tersebut harus tetap dipupuk.

"Dengan dijiwai semangat Kemerdekaan RI, pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman laut menjadi wujud nyata sinergitas TNI-Polri, bersama rakyat maritim kepulauan siap mengawal kokohnya NKRI menuju Indonesia tangguh," tegasnya.

Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-76, Indonesia Tangguh,
Indonesia Tumbuh !

Editor: Yudha