Angin Kencang dan Hujan Deras, BPBD Anambas Imbau Masyarakat Waspada
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 07-07-2021 | 10:28 WIB
angin-kencang11.jpg
Petugas BPBD Anambas berjibaku membersihkan pohon tumbang di Jl Arung Hijau usai dilanda hujan deras dan angin kencang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas, Syarif Ahmad mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Pasalnya, dalam 3 hari belakangan, Anambas mengalami cuaca angin kencang, hujan dan gelombang tinggi.

"Saat ini sudah ada 3 lokasi yang mengalami bencana alam seperti pohon tumbang yaitu di Jl Arung Hijau, Palmatak dan Kuala Maras. Untuk itu kami himbau masyarakat tetap waspada," kata Syarif Ahmad, Kepala Palaksana BPBD Anambas, Selasa (6/7/2021).

Syarif menambahkan, bahwa setiap wilayah di Anambas memiliki potensi bencana alam seperti longsor, banjir dan pohon tumbang. "Jangan anggap remeh, karena kita tidak bisa memprediksi kapan itu terjadi," jelasnya.

Sementara Kepala BMKG Tarempa, Sirajul Munir menerangkan, sebagian besar wilayah Anambas dilanda hujan deras, angin kencang serta gelombang tinggi.

"Sesuai data prakiraan kami, kecepatan angin mencapai 25 knot dari Tenggara menuju Barat Daya serta tinggi gelombang berpotensi mulai 2,5 m hingga 4 m. Untuk itu kami himbau para pengguna transportasi laut tetap waspada," jelasnya.

Editor: Yudha