Menuju Zona Hijau, Satgas Anambas Ingatkan Warga Patuhi Prokes dan Ikut Vaksinasi
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 30-06-2021 | 14:04 WIB
A-sahtiar_anambas1_(1).jpg
Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kepulauan Anambas mengajak seluruh masyarakat bekerjasama untuk bersama-sama membawa memutus penyebaran Covid-19. Sehingga Anambas bisa menjadi zona hijau. Saat ini, status aktif covid-19 di Anambas tinggal 18 pasien dari 926 total kasus covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menegaskan, agar masyarakat jangan sepele terhadap kondisi saat ini.

"Memang saat ini jumlah penyebaran turun drastis, meski demikian, kita jangan sepele akan protokol kesehatan. Kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah," tegas Sahtiar, Rabu (30/6/2021).

Sahtiar menguraikan, 6 dari 10 kecamatan di Anambas sudah berstatus zona hijau. Untuk itu pihaknya tetap berkoordinasi dengan Satgas Kecamatan, agar jangan lengah.

"Untuk mempertahankan zona hijau itu, Satgas Kecamatan harus tetap bekerja dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan. Adapun kecamatan yang sudah berstatus zona hijau yaitu, Siantan Tengah, Siantan Selatan, Siantan Utara, Siantan Timur, Kute Siantan dan Jemaja Barat. Sedangkan Siantan, Palmatak, Jemaja dan Jemaja Timur masih ada kasus aktif," terangnya.

Sementara, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menjelaskan, saat ini Pemerintah Kepulauan Anambas tengah berupaya untuk mengedukasi masyrakat tentang program vaksinasi.

"Saat ini sudah 11 ribu masyarakat yang divaksin dengan target mencapai 32.415. Mudah-mudahan target ini bisa segera terealisasi. Kalau sudah divaksin, setiap warga sudah punya imun yang kuat untuk membentengi diri dari covid-19," terangnya.

Haris juga mengimbau masyarakat agar tidak sepele, apabila telah divaksin. Namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas. "Meski sudah divaksin, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan, jangan sampai lengah. Dan mari kita bersama-sama bekerja menuju zona hijau," tegasnya.

Editor: Dardani