Kesadaran Masyrakat Anambas untuk Ikut Vaksinasi Covid-19 Masih Rendah
Oleh : Fredy Silalahi
Jumat | 04-06-2021 | 17:28 WIB
vaksinasi-anmabas-rendah.jpg
Warga Anambas saat mengikuti vaksinasi di RSUD Tarempa, Jumat (4/6/2021). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Antusias masyarakat Kepulauan Anambas sangat rendah untuk mengikuti vaksinasi. Pasalnya, masyarakat termakan informasi yang tidak benar di media sosial terkait vaksin.

"Saat ini capaian sasaran vaksinasi masih 14,5% atau setara 4.693 orang. Sementara sasaran vaksin di Kepulauan Anambas sebanyak 32.415 orang," kata Fitri, Kasi Imuninasi, Bidang Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Anambas, Jumat (4/6/2021).

Fitri menerangkan, pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bersedia divaksin. Karena tujuannya untuk membentuk kekebalan tubuh dari virus Covid-19.

"Memang ada yang sudah mendapat vaksinasi tetapi terpapar juga. Perlu kami jelaskan bahwa, masyarakat yang sudah divaksin tetapi terpapar Covid-19 gejalanya ringan, sementara yang belum divaksin memiliki gejala berat. Meski demikian, masyarakat juga tetap tidak mau divaksin. Bahkan sudah dihimbau ke seluruh desa dan kecamatan," terangnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar mengakui, antusias masyarakat untuk divaksin sangat rendah. Untuk itu pihaknya selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, karena vaksin aman dan halal.

"Bagi masyarakat yang belum divaksin, selalu kita imbau untuk divaksin. Bahkan pihak desa maupun kecamatan sudah kita kerahkan untuk mengedukasi tentan vaksin aman dan halal," jelasnya.

Sahtiar menerangkan, tempat vaksinasi di Anambas tersedia di RSUD Jemaja, RSUD Matak dan RSUD Tarempa. "Kami harap masyarakat bersedia divaksin untuk membentuk kekebalan imun tubuh. Kami yakin, apabila masyarakat sudah divaksin, aktivitas bisa kembali normal. Tetapi tetap mematuhi protokol lesehatan," jelasnya.

Editor: Gokli