Tekan Penyebaran Covid-19 di Anambas, Danlanal Tarempa Bentuk Satgas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 10-05-2021 | 18:24 WIB
satgas-Covid-19-AL-anambas.jpg
Danlanal Tarempa menyematkan Ban Ketua Satgas Covid-19 Lanal Tarempa kepada Lettu Laut (K) dr Joshua Sinurat. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, membentuk Tim Satgas Covid-19 untuk membantu menekan angka penyebaran virus mematikan itu di Anambas.

"Kondisi saat ini, penyebaran Covid-19 di wilayah kerja Lanal Tarempa meningkat, jadi diimbau kepada masyarakat agar melaksanakan isolasi mandiri secara benar terhadap diri sendiri atau keluarga yang datang dari luar Anambas walaupun sudah memiliki hasil swab antigen negatif sebagai wujud saling menjaga anggota keluarganya yang lain, sehingga mengurangi resiko keluarga yang berada di Anambas," kata Yovan dalam amanahnya saat memimpin Apel Pembentukan Tim Satgas Covid-19 Lanal Tarempa, di Mako Lanal Tarempa, Senin (10/5/2021).

Dalam apel khusus itu, Danlanal Tarempa menyampaikan beberapa point penting dalam amanatnya yaitu partama mudik merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang terjadi disaat hari raya Idul Fitri, di mana hampir setiap tahun masyarakat berbondong-bondong pulang untuk bertemu keluarga di kampung halaman.

"Namun berdasarkan Surat Edaran dari Panglima TNI dan dari Kepala Staf TNI AL, bahwa anggota TNI dilarang mudik lebaran guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, kedua guna mencegah penyebaran Covid-19, anggota dan keluarga harus mematuhi protokol kesehatan di manapun berada khusunya di lingkungan keluarga dan kantor dengan menerapkan 3M," terangnya.

"Ketiga melalui Balai Pengobatan (BP) Lanal Tarempa saya perintahkan agar dilaksanakan penyemprotan disinfektan secara rutin dan bergilir di Mako, Rumdis, ruang staf Lanal Tarempa, keempat perlu diketahui bersama bahwa kita harus paham posisi geografis wilayah Kepulauan Anambas dihadapkan dengan permasalahan penyebaran Covid-19 sangat susah dalam proses penanganannya akibat terkendala fasilitas kesehatan serta transportasi rujukan ke rumah sakit besar di Tanjungpinang dan Batam, maka dari itu kita lebih hati hati dalam menjaga kesehatan," sambungnya lagi.

Apel khusus pembentukan Tim Satgas Covid-19 dipimpin langsung Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, yang diikuti seluruh prajurit Lanal Tarempa baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Tarempa dan penyematan Tanda Tim Satgas Covid-19 kepada perwakilan yaitu Kepala Balai Pengobatan Lanal Tarempa Lettu Laut (K) dr. Joshua S selaku Ketua Tim Satgas Covid-19 Lanal Tarempa. Dalam pelaksanaan upacara berjalan dengan aman dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Editor: Gokli